5 Tips Penting Traveling ke Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, adalah daerah yang sangat seru untuk dijelajahi. Namun sebelum ke sana, ada beberapa persiapan agar traveling Anda kali ini berjalan sempurna.

Gunungkidul punya deretan pantai, gua, sampai gunung api purba yang siap dijelajahi. Namun transportasi dari dan menuju kawasan ini tergolong sulit. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu disiapkan turis sebelum berangkat ke Gunungkidul.

Berikut 5 tips traveling ke Gunungkidul:

1. Cek kendaraan

Anda perlu membawa kendaraan pribadi agar bisa menjelajah Gunungkidul secara maksimal. Jika tak membawa kendaraan pribadi, Anda bsisa menyewa mobil atau motor di banyak rental yang tersedia di Yogyakarta.

Sebelum berangkat, cek terlebih dahulu kendaraan Anda terutama motor. Meski mulus, jalanan di Gunungkidul penuh turunan dan tanjakan serta kelokan tajam.

Di kawasan ini jarang ditemui pom bensin. Oleh karena itu, pastikan tanki bensin Anda penuh agar tak mogok di tengah jalan.

2. Siapkan makanan & minuman

Restoran dan tempat makan berderet di Gunungkidul. Namun tak ada salahnya Anda membawa minuman dan makanan untuk di perjalanan.

Air mineral, biskuit, roti, dan camilan manis bisa jadi pilihan. Jangan lupa bawa kantong plastik untuk membuang sampah. Ingat, jangan buang sampah sembarangan ya!

3. Tentukan destinasi tujuan

Gunungkidul punya banyak destinasi wisata. Mulai dari deretan pantai, gua, gunung api purba, sampai desa wisata. Oleh karena itu sebelum berangkat, tentukan dulu destinasi Anda.

Setelah menentukan destinasi, tentukan juga rute tempat wisata yang akan dikunjungi dari pagi sampai waktu yang ditentukan. Kalau berencana menginap, Gunungkidul punya beberapa penginapan dengan harga terjangkau.

4. Bertanya kepada orang lokal

Tak semua jalan di Kabupaten Gunungkidul punya papan petunjuk. Oleh karena itu selain peta dan GPS, tak ada salahnya bertanya kepada warga lokal. Beberapa pantai di Gunungkidul juga letaknya cukup terpencil.

Jangan hanya bertanya kepada 1 orang. Tanyalah ke beberapa orang untuk memastikan arah yang dituju tidak salah. Jika mulai bimbang, bertanyalah lagi kepada warga lokal. Mereka ramah kok!

5. Siapkan fisik yang prima

Butuh waktu yang tak sedikit untuk menjelajah Kabupaten Gunungkidul. Oleh karena itu, sebelum berangkat, pastikan tubuh Anda dalam kondisi prima. Jangan lupa jaga asupan makanan agar tidak sakit di tengah jalan.

Sehari sebelum berangkat, pastikan waktu tidur Anda cukup. Tubuh yang prima membuat Anda bisa menjelajah Gunungkidul secara lebih maksimal.

Warm Regards,
Muchamad Apriyanto
Delegation of Daerah Istimewa Yogyakarta Province
M: 081904043741 / 081327269718
 
 

Tinggalkan Balasan