Paket Wisata Jogja Murah I Sewa Hiace Jogja I Paket Outbound Jogja

Bakpia Khas Jogja Saksi Bisu Sejarah Makanan Jogja

05 Okt 2019

No Comments

Tourgunungkidul

1

Bakpia khas jogja

Berbincang-bincang seputaran jogja langkah membikin bakpia khas jogja kota pelajar pasti secara otomatis kita tertuju pada satu kota yang dengan dan tradisinya kulturnya. Ya, Jogja, itulah kota yang memiliki sebuah makanan khas yang bernama bakpia.

Sebab orang yang datang ke Jogja tak terasa komplit dan afdol sebelum membawa oleh-oleh bakpia. Sedangkan Jogja familiar dengan oleh-oleh bakpia yang khas ini, tetapi apakah benar bakpia memang makanan dari Jogja? Nah pada obrolan ini kami akan membahas asal-usulan bakpia dan proses membikin bakpia kota pelajar , serta usaha bakpia.

Sejarah Bakpia

Bakpia berdasarkan sejarah dan menurut cerita yang berkembang di masyarakat sebuah makanan yang berasal dari Tiongkok. Di Tiongkok itu dengan sebutan Tou Luk Pia yang artinya sebuah kudapan kue manis atau makanan yang berisi daging. Nah padahal kita sebagai orang Indonesia lebih mudah pengucapan kata bakpia yang familiar makanan khas dari Jogja.

Resep bakpia mengalami modifikasi bagus dari segi isi bakpia itu, ataupun dari pembuatannya. Isi bakpia telah tak lagi memakai daging, melainkan diganti dengan isi seperti kacang ijo, keju, ketela/ubi, cokelat, dan sebagainya. Bakpia itu juga mempunyai rasa dasar manis seperti kuliner khas kota pelajar yang manis-manis.

Bakpia khas jogja

Bakpia jogja pada mulanya diproduksi oleh seorang warga Tiongkok yang bertempat tinggal di tempat Pathuk, Jogja. Kemudian ia mengemas bakpia itu memakai ‘besek’, kemasan tradisional dari anyaman bambu. Sebab permintaan pada itu ramai, banyak warga yang berasal dari Pathuk, Jogja, juga belajar membikin bakpia dan juga mulai berinovasi dengan mengemasnyamemakai wadah dosbox yang diberikan merek menurut nomor rumah yang memproduksi bakpia itu.

Bakpia khas jogja

Nah karenanya dari itu hingga  ini kita mengetahu bakpia itu  makanan khas Kota Jogja. Kini telah banyak sekali produsen bakpia di Jogja, ada sekitar ratusan produsen bakpia menawarkan olahan bakpia mereka.

Jadi, bakpia dan Jogja telah icon bakpia yang semacam itu menempel dengan Jogja. Bila Anda ingin mencari bakpia di Jogja tak hampir di tiap-tiap sudut kota dapat Anda peroleh ragam bakpia.

Aneka Resep Bakpia

Berbincang-bincang produksi bakpia, pada intinya bakpia itu terbuat dari bahan-bahan yang cukup gampang dijumpai, seperti tepung terigu, vanilla, gula, dan campuran bahan lainnya. Yang membedakan hanyalah isi dari bakpia itu, tergantung kita ingin memberikan isi kacang hijau, keju, ketela, cokelat, dan lain sebagainya.

 

Namun bakpia yang familiar di Jogja mempunyai dua macam yang sering kali dijajakan didaerah oleh-oleh, yakni bakpia kering dan bakpia. Kedua macam bakpia itu mempunyai cita rasa tersendiri, proses pembuatan bakpia basah dan kering hampir sama.

Variasi Rasa Bakpia

Bakpia ketika ini tersedia dalam macam cita rasa untuk kita nikmati, tentunya rasa-rasa itu mempunyai ciri khasnya masing-masing. Ada rasa cokelat, keju, ketela, ubi ingu, kacang hijau, duren, dan lain sebagainya. itu tujuannya ialahsebagai sebuah penemuan kreatif supaya konsumen tak kencang bosan dengan olahan bakpia.

  1. bakpia kacang
    Bakpia khas jogja

    Apabila diperhatikan memang rasa bakpia kacang hijau itu terasa lebih lembut dan legit dibanding olahan bakpia yang lainnya sehingga ini menarik bagi konsumen. Karenanya dari itu, umumnya bakpia dengan rasa kacang hijau ini memiliki harga yang lebih mahal dari pada bakpia yang launnya.

  2. bakpia isi ubi ungu,
    Bakpia khas jogja

    ubi ungu menjadi salah satu rasa alternatif yang juga mulai mendapatkan popularitas. Mungkin karena ubi ungu yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan maka banyak konsumen yang mencari varian isi ubi ungu. Secara tekstur, rasa yang dihasilkan dari bakpia isi ubi ungu ini cukup legit dilidah dan rasa ubi tidak terasa serasa kita tidak menyangka bahwa isi dari bakpia tersebut adalah ubi ungu. Nah bagi Anda yang ingin mencari rasa alternatif dari bakpia bisa mencoba bakpia isi ubi ungu ini.

  3. bakpia rasa keju
    Bakpia khas jogja
    rasa yang dari bakpia rasa keju ini juga terasa legit dan gurih, serta memiliki cita rasa sendiri dibanding dengan bakpia lainnya. Ada lagi bakpia rasa cokelat yang menjadi opsi bagi Anda dalam explore oleh-oleh, apalagi cokelat benar-benar di lidah masyarakat, jadi opsi utama bagi penggemar cokelat. Kecuali bakpia rasa duren tentu didalamnya terdapat cita rasa duren untuk menyasar bagi kalangan yang penikmat aroma durian.

  4. Sekilas info Seputar Bakpia basah (kukus)

Bakpia basah salah satu variasi makanan ringan ataupun kue yang cukup dikenal, khususnya di Kota pelajar, memang disanalah sentra dan asal dari bakpia. Bakpia ini banyak disukai oleh masyarakat mempunyai cita rasa yang manis legit dengan tekstur lembut dimulut yang lebih empuk sehingga banyak orang yang menyukai, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu ?