EnglishIndonesian

Paket Wisata Jogja Murah I Sewa Hiace Jogja I Biro Umroh Jogja

Jeep Merapi Lava Tour, Dapatkan Pengalaman Seru Di Lereng Merapi

23 Okt 2019

No Comments

Tourgunungkidul

2

Merapi lava tour

Salah satu kota yang terkenal akan tempat wisatanya yaitu Kota Jogja. Bahkan sudah banyak sekali wisatawan dari berbagai macam wilayah, bahkan dari mancanegara yang berkunjung ke Jogja untuk menikmati keindahan tempat wisata yang ada disini. Wisata Jeep Merapi Lava Tour menjadi salah satu destinasi unggulan di Yogyakarta.

Sebab, daya tarik dari Kota Gudeg memang ada di fasilitas wisatanya yang lengkap. Seluruh tempat wisata yang anda inginkan sudah tersedia di Yogyakarta. Nah, dari sekian banyak tempat wisata yang ada di sana, Tour Merapi sepertinya menjadi salah satu yang paling diminati oleh wisatawan.

Sebab, aktivitas berkeliling lereng Gunung Merapi dengan menaiki jeep pastinya akan menjadi pengalaman seru yang tak akan pernah terlupakan. Anda bisa menikmati wisata ini bersama dengan keluarga atau teman anda agar wisata anda terasa lebih seru.

Setiap orang pastinya sudah mengenal yang namanya Gunung Merapi. Gunung yang memiliki ketinggian 2.930 mdpl dan lokasinya berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini termasuk salah satu gunung berapi yang dinilai paling aktif di dunia.

Selain Keraton dan Pantai Selatan, Gunung Merapi juga termasuk salah satu tempat penting serta sakral untuk masyarakat Yogyakarta. Berbagai tempat tersebut berada dalam satu garis lurus yang membentang dari selatan ke arah utara.

Baca Juga : Paket Wisata Jogja Satu Hari 

Tak hanya dinilai sakral oleh masyarakat sekitar Jogja saja, Gunung Merapi juga dijadikan sebagai salah satu tempat favorit untuk para pendaki sebab keindahan pemandangan dari puncaknya yang sangat eksotis.

Nah, untuk menikmati kemegahan Gunung Merapi ini salah satunya yaitu dengan mencoba merasakan sensasi Lava Tour Merapi. Saat ini, Lava Tour Merapi menjadi wisata favorit banyak orang yang berasal dari berbagai macam daerah.

lava tour merapi jogja

Lokasi dan Akses Lava Tour Merapi

Starting point paket Lava Tour Merapi ini terdapat dua pilihan. Untuk yang pertama yaitu di Terminal Tlogo Putri, Kaliurang. Kemudian untuk yang kedua di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo.

Dari Kota Yogyakarta dapat anda tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih selama 30 sampai dengan 45 menit menyusuri Jalan Kaliurang ke utara.

Apabila anda semuanya ingin naik angkutan umum. Maka anda semuanya dapat memulai dari Terminal Condongcatur, selanjutnya naik angkot jurusan Jogja – Kaliurang dan nantinya anda bisa turun di Terminal Tlogo Putri.

Akses untuk menuju lokasi pun juga diketahui sangat mudah. Anda bisa mengikuti jalan Kaliurang. Dan disitu, anda semuanya akan dituntun dengan plang-plang jalan yang akan mengarahkan langsung untuk menuju ke tempat Lava Tour Merapi.

Namun, apabila anda semuanya masih merasa bingung, anda semuanya dapat memakai GPS sebagai pemandu anda untuk menuju lokasi. Jalan yang di lalui disini keadaannya juga sangat mulus dan bisa dilalui oleh kendaraan besar seperti halnya bis pariwisata.

Wisata Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi termasuk salah satu wisata alam yang lokasinya ada berada di Provinsi Yogyakarta. Tempat wisata ini juga termasuk sebuah perjalanan menggunakan mobil jeep yang akan menjadikan perjalanan anda terasa mengasyikkan.

Dengan menggunakan kendaraan mobil jeep ini kita akan menyusuri kawasan yang terkena dampak erupsi gunung Merapi pada tahun 2010 silam. Yang pastinya kegiatan ini akan memacu adrenalin kita sebab akan dibawa melewati jalan yang terjal maupun yang keadaannya curam.

Disepanjang perjalanan kita semuanya akan disuguhi pemandangan alam yang tampak indah dan juga akan melewati makam masal dari korban erupsi Merapi di tahun 2010 di Dusun Tangkisan.

Selain itu, kita juga akan melewati Tugu ambruk yang ada di Dusun Petung. Selain itu juga akan melewati jalur Kali Opak dan Kali Gendol yang menjadi jalur utama dari lava panas Gunung Merapi.

Dengan adanya kegiatan lava tour merapi ini, maka bisa menjadikan orang bisa mengerti bagaimana hebatnya atau dahsyatnya letusan Gunung Merapi pada saat itu. Kemudian, dengan lava tour para wisatawan bisa menyaksikan puncak gunung Merapi dengan jarak pandang kurang lebih  sekitar 2 km.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.965 m dpl ini akan mengeluarkan asap sulfatara yang mana tidak pernah berhenti mengepul dari kawahnya.

Jeep Merapi Lava Tour sekarang ini sudah menjadi atraksi wisata wajib pada waktu liburan ke kawasan Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakata (DIY).

Dengan anda semuanya mengikuti lava tour, maka disini anda semuanya akan diajak untuk naik jeep di bekas jalur lahar sesudah kejadian letusan merapi yang ada di Kaliurang, di kaki Gunung Merapi.

Setelah itu, anda semuanya juga akan dibawa mampir ke beberapa destinasi bekas letusan, diantaranya yakni Museum Sisa Hartaku dan juga di Bunker Kaliadem. Aktivitas ini sangat pas sekali untuk para pencinta wisata yang memacu adrenalin. Sebab, untuk jalur yang dilewati disini memang cukup ekstrem.

merapi tour

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Jeep Merapi Lava Tour

Melakukan suatu petualangan di dalam menikmati sisa-sisa erupsi Gunung Merapi dilakukan dengan menggunakan kendaraan Jeep. Perjalanan Jeep Merapi Lava Tour  ini nantinya akan dimulai dari Telogo Putri yang ada di Kawasan Wisata Kaliurang.

Diantaranya dengan cara menyusuri jalanan yang keadaannya berbatu dengan sensasi yang cukup mendebarkan untuk menuju ke beberapa lokasi. Diantaranya mulai dari rumah-rumah penduduk yang sudah rusak dan ditinggalkan, Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, dan juga di Bangker sebagai tempat orang-orang mengungsi sampai dengan sensasi menyusuri Kali kuning.

  1. Museum Sisa Hartaku

Perlu anda ketahui, jika Museum Sisa Hartaku ini termasuk sebuah rumah pribadi milik penduduk Desa Kinahrejo yang namanya Bapak Riyanto. Rumah ini telah terkena terjangan awan panas dari kejadian erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada tanggal 5 November 2010  silam pada pukul 12.04.49.

Untuk waktu terjadinya bencana erupsi tersebut dapat anda lihat  pada sebuah jam yang masih tertempel dalam dinding rumah tersebut. Di bagian dalam  Museum Sisa Hartaku ini para pengunjung juga dapat melihat benda-benda lain yang ikut rusak dan meleleh.

Diantaranya seperti kendaraan sepeda motor, televisi, perabotan rumah tangga hingga sisa rangka hewan peliharaan yang dimiliki sang pemilik rumah.  Benda-benda tersebut rusak dan meleleh karena awan panas.

Dari benda-benda yang ditinggalkan tersebut, kita dapat menilai betapa besar dan bagaimana dahsyatnya serangan awan panas yang menerjang pada saat kejadian tersebut. Tak heran jika banyak korban yang meninggal akibat dasyatnya awan panas tersebut.

  1. Batu Alien

Saat kegiatan Lava Tour Merapi anda juga akan dibawa ke batu Alien. Dinamakan dengan Batu Alien ini sebab batu besar yang terlempar ketika erupsi Gunug Merapi ini bentuknya hampir menyerupai dengan bentuk alien.

Kemudian, di permukaan batu tersebut juga terlihat seperti halnya wajah manusia yang lengkap dengan mata, hidung, dan juga ada bagian mulutnya. Banyak sekali masyarakat yang menganggap Batu Alien ini sebagai sebuah batu yang keramat.

Batu tersebut terbawa lahar panas lewat sungai Gendol yang lokasinya hanya beberapa meter saja dari tempat tersebut. Kali Gendol ini merupakan jalur utama yang telah dilewati lahar panas ketika kejadian erupsi Merapi tahun 2010 lalu.

Lahar panas yang keluar dari perut Gunung Merapi tersebut membawa batuan-batuan besar vulkanik, salah satu diantaranya yaitu batu besar yang membentuk wajah Alien ini.

Di kawasan wisata batu Alien Merapi, para pengunjung juga bisa menikmati suasana sejuk yang ada di lereng pegunungan. Panorama kemegahan gunung Merapi juga bisa tampak dengan jelas di sisi utara.

Apabila sedang musim kemarau seperti ini, maka pemandangan megahnya gunung merapi yang memiliki punggung gunung yang menganga bisa tampak dengan sangat jelas apabila awan tebal tidak menutupi sebagian dari gunung tersebut.

Selanjutnya disisi utara, lekukan dari sungai Gendol yang sangat lebar ini terlihat sangat indah meliuk di antara tebing-tebing dengan pepohonan yang sangat hijau. Sinar matahari sore yang mengenai punggung Gunung marapi dari sisi barat juga akan menjadikan pemandangan disini terlihat sangat menawan.

Tak hanya menikmati suasana alam serta melihat panorama keindahannya saja, di kawasan wisata Batu Alien ini, anda semuanya juga bisa menikmati spot-spot foto yang disediakan.

Salah satu diantaranya yaitu terdapat sebuah gardu pandang yang memiliki latar belakang gunung Merapi yang terlihat sangat megah. Yang pastinya ini akan menghiasi frame kamera anda.

  1. Bunker Merapi

Bunker ini lokasinya berada di kawasan Kaliadem. Bunker ini pada umumnya dimanfaatkan sebagai tempat berlindung apabila sedang terjadi erupsi. Bunker ini juga ada sejak jaman Belanda dahulu.

Ketika erupsi yang terjadi pada tahun 2006, bungker ini menewaskan 2 relawan yang sedang berlindung d idalam bangker tersebut. Perlu anda ketahui. Jika bunker ini lokasinya berada persis dibawah Gunung Merapi.

Apabila cuacanya sedang cerah, dari tempat ini anda semuanay bisa  melihat kecantikan puncak Gunung Merapi dengan sempurna. Pemadangan seperti ini yang dicari para wisatawan yang berkunjung.

Kaliadem yang sebelumnya dijadikan sebagai bumi perkemahan yang dilengkapi dengan fasilitas seperti halnya basecamp pendakian, gardu pandang. Selain itu juga disediakan fasilitas seperti warung-warung makan, toilet dan musholla.

Akan tetapi,  sekarang ini bangunan-bangunan yang ada tersebut sudah tertimbun dan hanya tampak beberapa bagian dari atas bangunan yang pernah ada yang keadaannya sudah hancur berantakan.

Sesungguhnya, banker tersebut juga dibangun untuk perlindungan jika sewaktu-waktu Merapi sedang menyemburkan awan panas. Namun, untuk letusan yang terjadi pada tahun 2006 tersebut tak hanya menyemburkan awan panas saja.

Akan tetapi juga memuntahkan material yang berupa pasir dan bebatuan panas yang bisa menumbangkan Geger Boyo ( bukit yang terdapat pada bagian selatan Merapi),  yang telah menimbun kawasan Kaliadem. Karena adanya kejadian itu, material panas tersebut menimbun bunker dengan tebal 3 m dan panasnya sekitar 1000 ° C.

Meskipun bunker tersebut dibuat menggunakan beton yang memiliki tebal 25 cm dan pintu dari besi, namun untuk panas yang diterima ini ternyata sangat besar. Dengan demikian dapat masuk kedalam yang membuat 2 relawan meninggal sebab adanya suhu panas.

Pada saat itu, seorang relawan ditemukan dalam keadaa tewas berendam dalam bak mandi, kemudian seorang lainnya tewas ditemukan di depan pintu besi. Sekarang ini, bunker tersebut telah dibersihkan dan dicat dengan warna putih, di depan pintu bunker juga ada prasasti yang mengisahkan riwayat bunker tersebut.

Jika anda semuanya melakukan kunjungan pada malam hari di Kaliadem, maka pemandangannya akan sangat menarik. Sebab, disini para wisatawan akan bisa menyaksikan lelehan lava pijar yang menuruni kubah lava. Akan tetapi, pemandangan ini bisa dilihat pada saat malam hari.

  1. Kali Kuning

Kali Kuning termasuk salah satu sungai yang dilewati oleh aliran lahar dingin dari Gunung Merapi. Dan di Kali Kuning ini juga ada dam yang fungsinya untuk memecahkan aliran lahar dingin. Sensasi yang berbeda ini akan kembali dirasakan ketika Jeep melintas diatas aliran air sungai.

Paket Jeep Merapi Lava Tour

Wisata Jeep Lava Tour Merapi sekarang ini masih menjadi wisata yang banyak digemari bagi wisatawan yang mengunjungi kota Jogja. Jam Operasional dari paket jeep merapi lava tour yaitu jam 07.00 hingga jam 16.00 WIB.

Nah, untuk yang paket Sunrise Jeep Merapi Lava tour yaitu mulai dari Jam 04.30.  Untuk 1 jeep kapasitasnya yaitu maksimal 4 orang dewasa. Harga yang ditetapkan pastinya juga dapat berubah sewatu waktu berdasarkan situasi dan kondisi.

Tak hanya 4 Paket Jeep Merapi Lava tour tersebut, akan tetapi masih ada juga Paket Jeep Lava tour Merapi yang dikhususkan untuk kegiatan fun outing perusahan atau Family Gathering Perusahaan.  Berikut ini paket rute Merapi Lava Tour yang bisa anda coba:

gunung merapi

  1. Paket Rute Pendek Jeep Merapi Lava Tour

Untuk rute yang di kunjungi pada paket pendek Jeep Marapi Lava Tour yaitu Start dari Basecamp yang ada di kaliurang – Desa Tangkisan – Melewati makam masal.

Kemudian menuju ke Tugu Ambruk kedai kopi merapi dan ke Gumuk Ball, lalu ke Desa Wisata Petung, Museum Sisa harta, Menuju Desa jambu. Selanjutnya anda akan dibawa ke Batu alien dan Melihat Kali gendol dari atas. 

Kemudian menyusuri  Hutan Soga untuk menuju Kali adem menuju Bungker Kali Adem dilanjutkan bermain Air di Kali kuning.

  1. Paket Rute Menengah Jeep Merapi Lava Tour

Buntuk paket menengah Jeep Merapi Lava Tour diantaranya yaitu Start dari Basecamp di Kaliurang lalu menuju Desa Tangkisan. Lalu akan melintasi makam masal, Tugu Ambruk kedai kopi merapi.

Lalu akan sampai di Gumuk Ball dan melanjutkan ke Desa Wisata petung, Museum Sisa harta, Menuju Desa jambu ke Batu alien dan Melihat Kali gendol dari atas.

Anda juga akan  menyusuri Hutan Soga menuju Kali Adem ke Bungker Kali Adem dan singgah di kampung Mbah Maridjan lalu bermain air di Kali kuning.

  1. Paket Rute Panjang Jeep Merapi Lava Tour

Dimulai dari Basecamp Kaliurang- Desa Tangkisan, melintasi makam masal, Tugu Ambruk kedai kopi merapi – Gumuk Ball- Desa Wisata petung.

Selanjutnya anda akan sampai di  Museum Sisa harta, Menuju Desa jambu ke Batu alien dan melihat pemandangan Kali gendol dari atas. Lalu akan menyusuri  Hutan Soga menuju Kali Adem.

Setelah itu menuju Bungker Kali Adem- Singgah di kampung Mbah Maridjan dan menyeberangi Sungai Gendol kemudian singgah Di makam Mbah Maridjan dilanjutkan di Kali kuning.

  1. Paket Sunrise Jeep Merapi Lava Tour

Diawali dari Basecamp di kaliurang menuju Desa Tangkisan dan melintasi makam masal, Tugu Ambruk kedai kopi merapi  ke Gumuk Ball lalu menuju Desa Wisata petung.

Sesudah itu sampai di Museum Sisa harta, Menuju Desa jambu ke Batu alien lalu menyaksikan Kali gendol dari atas. Lalu Menyusuri  Hutan Soga menuju Kali adem – Bungker Kali Adem dan bermain Air di Kali kuning.

  1. Rute Jeep Wisata Pedesaan Lereng Merapi

Nah, untuk paket wisata Jeep Merapi Lava Tour Di pedesaan di lereng Barat Merapi yaitu di Mulai dari gardu Pandang kawasan Wisata kaliurang melintasi pedesaan dan rimbunya kebun bambu, untuk menuju ke Museum Merapi.

Sesudah anda semuanya mengambil foto di halaman Museum Merapi, maka perjalanan dilanjutkan untuk menuju desa Turgo dengan melintasi jembatan gantung sungai Boyong. Kemudian melewati jalan pedesaan yang memiliki suasana sejuk dan rindngnya pepohonan perjalanan menuju Turgo.

Sesudah itu, perjalanan akan dilanjutkan menuju bunker Tunggul arum dengan Menara pandangnya yang indah. Setelah itu akan dibawa menuju Bumi Perkemahan kaki Merapi dan singgah di Peternakan Kambing Etawa yang ada di desa Miri kebo.

Di Desa Miri Kebo tak hanya melihat peternakan kambing etawa saja. Namun, kita juga bisa melihat secara langsung pengolahan dari Susu kambing dan bisa merasakan dan membeli hasil olahan susu kambing. Diantaranya berupa karamel dan susu kambing yang sudah berbentuk bubuk dengan berbagai macam rasa.

Sesudah merasa puas dengan menikmati nikmatnya susu kambing, perjalanan dengan jeep wisata Merapi selanjutnya yaitu menuju Dam atau Embung Miri serta Dam Kali Boyong.

Disini anda bisa istirahat sejenak menikmati sungai Boyong dengan latar belakang Kolam yang ada di tengah sungai boyong serta dam dengan air terjunnya yang kecil. Selain itu, kita juga dapat menyaksikan para penambang pasir.

Setelah menikmati dam sungai Boyong selanjutnya kita akan dibawa menuju perkebunan salak pondoh dengan melewati persawahan. Dsini kita juga dapat membeli salak pondoh yang segar langsung dari petaninya. Dan selanjutanya akan dibawa menuju ke kali kuning untuk berwisata air dengan menggunakan jeep.

  1. Paket Jeep Wisata Heritage Candi ke Candi

Rute Jeep wisata bisa dimulai dari Sendangsari Family Homestay, baru selanjutnya menaiki Jeep Wisata menuju Bendungan Embung Tambak Boyo yang sangat luas dengan pemandangan yang indah yang memiliki latar belakang gunung Merapi.

Selanjutnya kita akan dibawa melalui persawahan untuk menuju Candi Gebang Candi gebang yang termasuk candi kecil yang tlokasinya ada di desa Gebang dekat Embug Tambak Boyo.

Setelah menyaksikan Candi gebang perjalanan dilanjutkan menuju Jogja Bay waterboom, yang mana disini para wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang Kapal bajak laut.

Setelah meras puas berfoto di Jogjabay, selanjutnya anda jan dibawa ke Candi Sambisar dan Candi Sari Kalasan melewati Persawahan. Sesudah merasa puas berfoto di candi Sambisari dan Candi sari perjalanan, maka selanjutnya akan dibawa menuju candi Plaosan dengan melewati Candi Prambanan dan juga Candi Sewu.

Di Candi Plaosan para pengunjung bisa befoto dengan latarbelakang Candi yang indah. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menuju Monument Plataran Janur kuning yang terdapat di kecamatan Ngemplak.

Anda bisa menyaksikan monumen tentara yang memiliki patung tentara Komarudin . Kemudian selanjutnya akan menuju pemandian Alam di Blue Lagoon. Disini kita bisa mandi di pemandian alam mata air yang keadaannya masih jernih.

  1. Paket Jeep Merapi Lava Tour dan Kaliurang Cycling Tour

Paket Wisata bersepeda menggunakan rute blusukan di Pedesaan serta area persawahan dikawasan wisata Kaliurang dan juga singgah di beberapa obyek wisata Kaliurang. Diantaranya seperti Gardu Pandang Kaliurang – Useu Ulen Sentalu.

Lalu akan melewati rindangnya pohon bambu untuk menuju Museu Merapi, Jembatan Gantung kali boyong, dan Perkebunan Salak Pondoh. Selanjutnya akan melintasi persawahan, desa wisata, dan finishnya yaitu di Jembatan kali kuning dan akan dijemput oleh Jeep Merapi Lava Tour.

  1. Paket Jeep Merapi Lava Tour , Cycling Tours dan Fun Game outbound / Village tour

Sedangkan, untuk paket ini dimulai dengan wisata sepeda di kawasan wisata Kaliurang selanjutnya melakukan kegiatan fun game outbound atau wisata pedesaan.

Diantaranya, seperti latihan gamelan, membuat kerajinan, membatik, membajak sawah, tanam padi, yang telah di konsep pada kegiatan amazing race. Sesudah acara Fun game outbound selanjutnya yaitu kegiatan dengan Jeep Merapi Lava tour.

puncak merapi jogja

Tips Aman Wisata Jeep Merapi Lava Tour

Supaya bisa tetap asyik serta aman pada saat mencoba wahana ekstrem di Jogja ini, sebaiknya anda memperhatikan tips aman wisata Jeep Merapi Lava Tour berikut ini.

  1. Berkunjung Saat Kemarau

Berkunjung saat kemarau akan terasa menyenangkan, terlebih anda membawa banyak teman. Jangan lupa untuk tiap jeep hanya tersedia tiga sampai dengan empat kursi penumpang. Jika anda membawa teman maka bisa patungan.

Nah, untuk waktu terbaik menikmati asyiknya aktivitas ini yaitu ketika musim kemarau. Sebab, ketika musim kemarau parav pengunjung tidak akan basah pada saat mengikuti tour.

Sebab, untuk tour seperti ini pada umumnya akan menempuh waktu sekitar 1,5 jam untuk rute terpendeknya. Kemudian akan memakan waktu 4 sampai dengan 5 jam untuk rute terpanjangnya.

Dan pada waktu musim kemarau, para pengunjung juga dapat melihat pemandangan cantik Gunung Merapi dan kawasan lava tour dengan begitu jelas tanpa terhalang oleh mendung.

  1. Pakai Baju Lengan Panjang dan Sunblock

Sepanjang jalur lava tour Merapi keadaan lahan memang sangat gersang dan jarang ada pohon. Jadi, agar kulitnya tidak terbakar sebaiknya anda memakai sunblock dan lengan panjang atau menggunakan pakaian nyaman untuk perlindungan.

  1. Jangan Lupa Membawa Masker

Sebab kondisinya gersang dan panas, debu banyak yang terbang. Msebaiknya anda memakai masker poada saat mengikuti tour ini supaya mulut dan hidung anda tidak terkena debu. Sebab, debu yang masuk pada saluran pernafasan anda akan sangat membahayakan.

  1. Pilih Jeep Yang Aman

Memang jika dilihat semua mobil jeep terlihat mirip, namun terdapat beberapa jenis mobil jeep yang ternyata lebih besar dan juga aman, jeep ini yaitu dengan tipe Land Cruiser. Sebaiknya anda semuanya juga mengecek serta memastikan kondisi agar tetap aman di sepanjang kegiatan.

  1. Jeep Merapi Lava Tour Ketika Musim Hujan

Bagi anda semuanya yang ingin merasakan wisata Jeep Merapi Lava Tour di musim hujan, sebenarnya juga bisa. Bahkan ini dinilai lebih menantang sebab para pengunjungnya bisa merasakan sensasi cipratan air.

Agar tidak basah kuyup anda bisa menggunakan jas hujan. Bisa membelinya disini atau bisa juga membawanya dari rumah sebagai persiapan jika turun hujan.

Baca Juga : Sewa Mobil di Jogja Murah

Semua kalangan bisa merasakan keseruan dari Jeep Merapi Lava Tour. Maka dari itu, keluarga yang berkunjung ke Jogja bisa mampir menuju lava tour. Sebab wisata ini cocok untuk anak-anak sampai usia dewasa.

Untuk masalah tarif Lava Tour yang ditawarkan juga terjangkau, sehingga semua kalangan dapat menjangkau tarif Jeep Merapi Lava Tour ini.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telepon
WhatsApp