EnglishIndonesian

Paket Wisata Jogja Murah I Sewa Hiace Jogja I Biro Umroh Jogja

Pantai Teras Kaca Jogja Sensasi Liburan Yang Unik dan Menantang

03 Okt 2019

No Comments

Tourgunungkidul

0

Pantai Teras Kaca

Wisata pantai teras kaca Jogja adalah salah satu objek wisata terbaru yang ada di Yogyakarta tepatnya di Gunung Kidul. Seperti yang diketahui Gunung Kidul adalah salah satu tempat yang mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang ada di kota Yogyakarta.

Ada banyak pantai yang indah dan dapat menjadi tujuan wisata untuk menikmati liburan bersama dengan keluarga tercinta. Salah satu pantai yang punya destinasi wisata menarik untuk anda kunjungi di Gunung Kidul adalah pantai teras kaca Jogja.

Dilihat dari namanya saja sudah cukup unik. selain itu tempat ini sudah dikunjungi oleh banyak wisatawan untuk menikmati suasana pantai. Sebenarnya teras kaca ini adalah nama sebuah pantai.

Apa yang menarik dari pantai ini? yaitu adanya teras yang dibuat dari kaca dan letaknya menjorok ke bibir pantai. Lokasi ini dijadikan sebagai salah satu spot foto yang sangat menarik.

Apakah anda merasa penasaran dengan destinasi wisata seru di Jogja yang ada di Gunungkidul ini. Daripada penasaran, sebaiknya simak beberapa detail ulasan destinasi wisata pantai teras kaca berikut ini.

Daya Tarik Pantai Teras Kaca Jogja

Salah satu hal yang harus diketahui pantai ini juga sering disebut dengan nama pantai Nguluran. Ada banyak sekali hal menarik yang dapat anda temui dan nikmati ketika berkunjung ke pantai ini.

Pantai teras kaca yang lokasinya berada di sebelah barat pantai Gesing, Gunungkidul ini cenderung lebih dikenal sebagai salah satu spot foto. Daripada destinasi wisata pantai yang landai dengan pasir putih memanjang serta ombak yang berkejaran.

Di pantai ini anda bisa menemukan banyak sekali spot foto menarik dan sayang bila dilewatkan begitu saja. Salah satu spot foto yang paling terkenal di tempat ini yaitu jembatan kaca.

Di salah satu area pantai Nguluran ini anda bisa melihat sebuah jembatan yang cukup lebar dan bentuknya menjorok ke pantai. Hal yang lebih menarik lagi, jembatan ini dibuat dari kaca.

Setiap hari banyak sekali wisatawan yang antri untuk dapat merasakan sensasi berfoto di jembatan ini. Anda tidak perlu khawatir sebab pihak pengelola sudah menghitung memperhitungkan keselamatan pengunjung.

Dengan demikian jembatan tersebut dapat dipastikan aman dan tidak akan mudah pecah. Bagi anda yang ingin berfoto diatas jembatan kaca ini anda harus membayar dengan biaya Rp10.000.

Saat anda berfoto di pantai teras kaca ini maka anda akan merasakan sensasi menegangkan. Sensasi tegang ini akan timbul karena teras kaca yang merupakan tempat anda berdiri tepat berada di atas pinggir laut.

Sensasi yang muncul seperti berjalan diatas tali di ketinggian belasan meter di atas laut. Tetapi anda tidak perlu khawatir, sebab pihak pengelola sudah menjamin keamanan dan keselamatan pengunjung. Sepanjang anda tidak melanggar peraturan yang sudah dibuat oleh pihak pengelola.

Mulanya tempat ini adalah lokasi yang di desain untuk resort pribadi. Tidak ada rencana untuk digunakan sebagai wisata publik. Resort ini sedianya hanya untuk keluarga saja.

Tetapi karena beberapa warga sering berfoto di tempat ini. Akhirnya lokasi ini terlanjur viral di media sosial. Sehingga semakin banyak orang yang datang ke lokasi ini untuk berfoto.

Selain jembatan yang dibuat dari kaca, destinasi wisata. Pantai Teras kaca Jogja juga semakin menarik minat wisatawan dengan berbagai macam spot foto lain yang ada disana. Adapun spot foto yang tidak kalah menarik dan dapat menjadi pilihan berupa becak terbang dan gazebo.

Kedua spot ini juga memiliki lokasi menjorok ke pantai. Dengan demikian akan memacu adrenalin ketika anda berfoto ria di tempat ini. Anda bisa berburu foto yang menarik dan instagramable di sini.

Baca Juga : Paket Murah wisata Jogja @280.000

Disamping bisa berburu foto yang unik, bagi anda yang tidak suka berfoto anda dapat menikmati deburan ombak pantai dan juga sejuknya angin yang ada di pantai Nguluran ini.

Area pantai yang dipenuhi pepohonan yang cukup tinggi membuat udaranya terasa sejuk. Selain itu anda juga dapat duduk-duduk dan menikmati hembusan angin di tempat ini.

Sejarah Singkat Wisata Pantai Teras Kaca Jogja

Bila anda ingin berkunjung ke pantai teras kaca tentunya anda juga harus tahu seperti apa seluk-beluk dari destinasi wisata yang ada di Gunung Kidul ini. Sejarah singkat dari pantai teras kaca Nguluran sebenarnya dulu akan dibangun resort atau villa.

Mulanya pembangunan villa ini masih dalam tahap dan proses pembangunan. Kebetulan yang dibangun pertama kali yaitu spot teras kaca itu sendiri.

Sampai akhirnya ada warga lokal yang iseng dan meminta izin berfoto di lokasi tersebut dan diizinkan oleh pemiliknya. Lalu foto tersebut menyebar dan akhirnya viral di sosial media.

Dari foto ini semakin hari banyak orang yang merasa penasaran. Banyak warga di sekitar lokasi dan juga sebagian warga Jogja yang berbondong-bondong datang ke tempat wisata ini.

Karena semakin banyak yang datang, akhirnya sempat ditarik tiket per orang Rp5.000 oleh para tukang yang sedang bekerja saat membangun villa tersebut. Hingga pada suatu hari pemilik resort villa yang sedang berada di Jogja mengecek pekerjaan pembangunan. Dirinya terkejut dengan kondisi villanya yang digunakan untuk spot foto oleh masyarakat.

Oleh karena itu dengan pertimbangan yang matang akhirnya dia memutuskan untuk menghentikan sementara proses pembangunan resort atau villa tersebut. Akhirnya dirinya memutuskan lebih baik dibuka untuk objek wisata.

Sampai saat ini bahkan ratusan pengunjung setiap hari rela mengantri untuk berfoto di teras kaca tersebut. Hal ini karena spot foto teras kaca merupakan salah satu spot foto yang unik dan belum ada di tempat wisata lain yang ada di Gunung Kidul.

Rute dan Cara Menuju Pantai Teras Kaca Jogja

Lokasi dari pantai teras kaca Jogja secara detail berada di Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini lokasinya berada di sebelah barat pantai Gesing dan termasuk ke dalam jajaran sepanjang pantai Gunung Kidul.

Bila anda berangkat dari pusat kota Jogja, maka anda harus menempuh jarak 44 km agar bisa sampai ke pantai ini. Anda bisa menggunakan rute yang jaraknya lebih singkat yaitu lewat jalur Siluk. Ketika berangkat anda segera menuju jalan Imogiri Timur dan berjalan lurus ke selatan.

Sesudah itu, anda akan masuk ke area Siluk. Ikuti jalan sampai di SPN dan menuju ke Kopi Panggang. Setelah masuk kawasan Panggang, anda akan menemukan pertigaan Sawah Desa Girisekar.

Pertigaan tersebut ditandai adanya pohon beringin yang memiliki ukuran cukup besar. Sesudah itu belok kanan lalu lurus mengikuti jalan. Anda akan menemukan pertigaan ke pantai Gesing. Bila sudah menemukannya tinggal belok kiri dan ikuti jalan ke pantai Gesing. Sebelum sampai di pantai itu, anda bisa melihat papan nama petunjuk pantai Nguluran.

Bila anda berangkat dari pusat kota Jogja, anda juga bisa melakukan perjalanan lewat ringroad jalan Wonosari. Jika sudah melewati kawasan Piyungan, anda lanjutkan perjalanan ke Patuk.

Jika sudah sampai di lapangan terbang Gading, ambil arah kanan dan masuk ke pasar Playen. Lanjutkan perjalanan lewat Paliyan dan menuju Girikarto. Sampai disini anda tinggal cari lokasi jembatan kaca pantai nguluran Gunungkidul.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke teras kaca Jogja, maka tidak ada transportasi umum yang bisa digunakan untuk menuju lokasi wisata ini. Karena tidak ada kendaraan umum yang melalui jalur ini. Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan cara menggunakan sewa mobil.

pantai gesing gunungkidul

Fasilitas di Pantai Teras Kaca Jogja

Karena teras kaca ini termasuk destinasi wisata yang masih baru dan mulanya didesain sebagai rumah liburan pribadi. Maka fasilitas yang ada di tempat ini masih minim.

Tetapi melihat banyaknya antusias para pengunjung yang tinggi. Jadi tidak menutup kemungkinan ada beberapa fasilitas yang dibangun yang bisa untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Pengelola teras kaca telah menyediakan fasilitas yang terbilang lengkap. Selain ada toilet, ada juga tempat ibadah, ruang parkir yang cukup luas di beberapa tempat. Ada juga warung serta tempat makan yang bersih di sekitar pantai ini.

Ada juga fasilitas gazebo yang bisa digunakan untuk duduk-duduk. Juga ada Pendapa yang didalamnya tersedia permainan tradisional berupa congklak. Di dekat lokasi juga ada restoran dan warung makan, sementara itu fasilitas utama dari lokasi ini yaitu aneka spot foto yang sangat instagramable.

Tips Berkunjung ke Pantai Teras Kaca Jogja

Setiap objek wisata yang dikunjungi tentunya mempunyai kekhususan dan kekhasan masing-masing. Dengan demikian, diperlukan persiapan khusus bagi anda agar bisa menikmati rekreasi secara optimal, tanpa gangguan yang tidak diinginkan. Bila anda ingin berwisata ke teras kaca pantai Nguluran, ada beberapa tips yang harus anda perhatikan.

Agar anda bisa berkunjung ke teras kaca Gunungkidul ini dengan nyaman. Sebaiknya anda menghindari berkunjung pada waktu akhir pekan. Sebab lokasi ini akan sangat ramai. Di samping itu, ketika ingin berfoto di jembatan teras kaca pantai Nguluran ini pastikan anda melepas sepatu atau sandal yang dikenakan.

Sebaiknya usahakan anda datang sepagi mungkin paling lambat ketika pukul 7.30 pagi. Sebab dari pengalaman selama ini, banyak wisatawan yang datang pada waktu siang hari dan tidak dapat berfoto di spot teras kaca tersebut. Hal ini dikarenakan antriannya cukup panjang.

Anda harus memastikan kendaraan berada dalam kondisi yang baik. Sebab jalan untuk mendekati pantai ini bisa dibilang cukup terjal. Ketika anda datang ke pantai Nguluran disarankan untuk membawa kendaraan roda 2.

Baca Juga : Paket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam

Atau bila datang dengan rombongan bersama keluarga, bisa menggunakan MPV. Anda tidak disarankan menggunakan bis karena jalannya sempit dan tidak akan muat. Demi kelancaran dan keselamatan, anda harus mematuhinya.

Tips yang terakhir anda harus membawa kamera terbaik dan juga power bank. Agar bisa mengabadikan setiap momen yang ada saat di pantai Nguluran. Sebab spot foto hits yang romantis dan juga instagramable ini akan menyambut kedatangan anda.

Tips Agar Tidak Antri Foto Saat di Pantai Teras Kaca Jogja

Teras kaca merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Jogja dan sampai saat ini masih hits dan eksis. Ratusan orang banyak yang berkunjung ke tempat wisata ini untuk sekedar berfoto di tempat yang terbuat dari kaca di pinggir jurang. Lengkap dengan latar belakang hamparan laut selatan.

Sekarang coba kita hitung saja berapa lama waktu yang diperlukan bila anda harus mengantri di objek wisata ini. Bila anda datang kesiangan sampai lokasi, anggap saja anda sampai di lokasi pukul 9. Lalu anda memperoleh antrian nomor 50 untuk spot foto khusus teras kaca.

Itu artinya anda harus menunggu sekitar 2 menit dikali 49 orang atau kurang lebih selama 90 menit. Agar anda tidak merasakan antrian yang cukup lama, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

  • Anda bisa datang lebih pagi seperti pukul 7.00 atau pukul 8.00 dari kota Jogja.
  • Bila anda datang dari luar kota anda sebaiknya menggunakan agen tour yang menyediakan paket untuk wisata Jogja. Sebab mereka akan bekerja sama dengan teras kaca dan dapat dipesan kan nomor antrian.
  • Jika sudah sampai di parkiran langsung saja menuju gerbang dan siap-siap membeli tiket masuk. Sementara itu juga ada yang membeli tiket spot foto.
  • Datang di hari biasa seperti hari senin sampai jumat. Karena umumnya hari-hari tersebut sepi. Berbeda saat weekend seperti hari sabtu-minggu atau ketika hari libur.

Pantai Teras Kaca

Daftar Spot Foto Terbaik Pantai Teras Kaca Jogja

Bila anda ingin mengeksplor pantai teras kaca ini secara menyeluruh. Anda bisa mengabadikan momen-momen terbaik dengan mengambil foto di berbagai macam spot foto yang ada di pantai Nguluran ini. Apa saja spot foto menarik itu? Berikut ini daftarnya.

Pantai Teras Kaca atau Pantai Nguluran

Bila anda datang berwisata ke pantai untuk main pasir, bersantai dan juga main air ini sudah merupakan aktivitas yang biasa. Anda dapat melakukannya di banyak pantai yang ada. Akan tetapi berbeda dengan pantai Nguluran yang ada di Girikarto, Panggang ini.

Para pengunjung yang datang ke Nguluran ini dapat mencoba uji nyali dengan memacu adrenalin mereka. Caranya yaitu dengan naik gardu pandang yang dibuat dengan menggunakan kaca. Anda dapat melihat lautan dengan ombak yang besar belasan meter tepat di bawah kaki anda.

Suara ombaknya bahkan dapat langsung menciutkan nyali anda. Terlebih lagi bila anda termasuk orang yang takut ketinggian. Meski demikian melihat pemandangan di sini patut untuk anda coba.

Baca Juga : Paket Wisata Jogja 3 Hari 2 Malam

Meskipun sangat mendebarkan namun anda tak perlu khawatir karena tempat ini aman. Bahan yang dipakai untuk membuat teras kaca adalah kaca dengan ketebalan 1,3 cm dan sudah memenuhi standar kekuatan.

Selain itu juga ditopang dengan konstruksi baja yang sangat kuat. Intinya anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dari spot foto yang satu ini.

Glass Boat

Spot foto glass boat ini mirip dengan teras kaca. Sama-sama berupa gardu pandang yang ada di tepi tebing dan menjorok ke arah perairan pantai. Anda bisa melihat ombak yang berdeburan di bawahnya dengan jarak belasan meter. Salah satu pose favorit pengunjung saat berada di Glass Boat ini adalah pose berpelukan ikonik ala ala film Titanic.

Becak Terbang

Becak terbang adalah salah satu spot foto yang berbentuk moda transportasi tradisional. Bedanya becak ini dilengkapi dengan ornamen sayap yang berada di atas landasan yang tinggi dan memiliki latar berupa lautan lepas. Sehingga hasil foto yang didapatkan bisa memberi kesan seperti menaiki becak terbang.

Jogja Swing

Salah satu wahana yang bernama Jogja Swing ini dinilai cukup memompa adrenalin anda. Ini adalah berupa ayunan tali panjang yang dipasang pada bagian sisi tebing. 

Dengan begitu, saat berayun pengunjung bisa melewati tepi tebing dan melayang di atas jurang dengan kedalaman belasan meter. Untuk sebagian pengunjung justru spot ini lebih menakutkan dibandingkan sekedar berpose diam diatas glass boat atau berdiri di teras kaca.

Giant Chair

Bila anda merasa takut terhadap ketinggian dan tidak cukup kuat mental untuk bisa naik ke teras kaca atau naik glass boat. Ada pilihan lain yang tidak kalah seru dari berbagai spot foto tersebut.

Giant chair, ini merupakan foto dengan bentuk kursi raksasa. Ketinggiannya lebih dari 5 meter dan bisa dipakai sebagai gardu pandang. Sekaligus spot untuk pengambilan foto yang menarik.

Ayunan Samudra

Spot foto yang bernama ayunan samudra ini bisa anda gunakan secara gratis dan tidak perlu membayar tiket untuk berfoto di sini. Spot foto ayunan samudra yang satu ini bisa anda gunakan sambil menunggu antrian di spot foto yang berbayar.

Pintu Atlantik

Di teras kaca Jogja juga ada spot foto yang bernama pintu atlantik. Ini juga bisa dipakai secara gratis daripada anda tidak ada kerjaan lain. Sambil menunggu antrian maka anda bisa menyelingi waktu senggang anda dengan berfoto di spot ini.

Spot Menarik Lainnya

Selain berbagai macam spot foto yang unik ada juga spot lain yang berbentuk kursi panjang yang berhadapan. Kursi ini tersusun dari bahan logam. Kedua kursi ini terhubung dengan kubah rangkaian besi yang dihiasi tumbuhan merambat imitasi.

Di samping itu, ada juga mainan anak-anak yang menjadi sangat indah saat digunakan sebagai tempat foto. Sebab didukung dengan latar belakang berupa lautan lepas dari atas tebing.

Spot Teras Kaca Jogja

Wisata Terdekat Dari Pantai Teras Kaca jogja

Anda yang berwisata ke teras kaca juga bisa sekalian mengunjungi tempat-tempat wisata lain yang terdekat dan juga searah. Berikut ini adalah daftar berbagai macam objek wisata terdekat dan dari teras kaca yang dapat anda kunjungi. Seperti pantai gesing, lalu pantai wohkudu, pantai kesirat dan wisata alam watu payung.

Selain wisata alam yang bisa dikunjungi ada juga wisata kuliner terdekat dari teras kaca in. Namanya sedang liburan tentunya berwisata juga akan merasakan capek dan lapar. Bagi anda yang ingin menuju atau setelah berkunjung ke objek wisata teras kaca anda dapat mampir untuk makan siang.

Beberapa warung makan yang searah dan terdekat dari teras kaca seperti kopi panggang. Ikan bakar Mas Jamuz pantai gesing, rumah makan seafood lestari pantai gesing dan rumah makan graha pantai gesing.

Jam Buka Operasional Pantai Teras Kaca

Sebagai informasi bagi anda yang ingin berkunjung ke Pantai teras kaca Jogja. Bahwasanya tempat wisata ini selalu ramai pengunjung. Sehari bahkan bisa ratusan hingga ribuan orang yang penasaran dan ingin berfoto di atas spot foto yang viral di instagram itu.

Disarankan bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai teras kaca supaya tidak begitu panas saat menunggu antrian. Maka sebaiknya anda datang di waktu pagi dari kota jogja pukul 7.00. Maka anda akan sampai di lokasi pada pukul 9.00 dan ini adalah waktunya buka gerbang.

Bla anda datang siang hari ke tempat ini, maka resikonya anda bisa mendapatkan nomor antrian panjang dan akan merasakan panasnya terik matahari.

Jam buka dari Pantai teras kaca sendiri dimulai pukul jam 9.00 dan tutup pukul 17.00. Bila anda ingin memperoleh momen sunset di sini. Anda bisa datang pada waktu weekday atau hari biasa. Sebab di hari biasa kondisinya tidak begitu ramai.

Tiket Masuk Pantai Teras Kaca Jogja

Sesampainya anda di pantai Nguluran, anda dapat memarkir kendaraan. Sebelum masuk ke pantai anda harus membayar tiket dulu. Harga tiket masuk untuk menikmati destinasi wisata jembatan kaca pantai Nguluran yang ada di Gunung Kidul ini sangat murah.

Daftar tiket masuk untuk motor adalah Rp5.000 sementara parkir motor Rp2.000. Untuk parkir mobil Rp5.000, sementara bila anda ingin berfoto di teras kaca maka tarif fotonya sebesar Rp10.000.

Harga tiket ini cukup terjangkau sebab anda juga bisa mendapatkan pemandangan yang indah dan memperoleh foto yang bagus dan instagramable. Dengan biaya tersebut anda sudah dapat menikmati tempat wisata ini.

Selain tiket untuk berfoto di teras kaca, ada beberapa tiket yang harus anda bayar jika ingin mencoba foto di spot foto menarik yang ada di pantai Nguluran ini. Biaya spot foto Glassboard di ditarik sebesar Rp30.000 per orang.

Untuk spot foto becak terbang, tiketnya sebesar Rp10.000 per orang dan untuk spot foto di giant chair atau kursi raksasa biayanya sebesar Rp10.000.

Spot Teras Kaca Jogja

Paket Prewedding Di Pantai Teras Kaca

Pantai Teras Kaca Jogja ini juga menyediakan tarif prewedding di teras kaca. Bagi anda yang ingin melakukan sesi foto prewedding 30 menit yang mengambil lokasi teras kaca akan dikenakan biaya sebesar Rp300.000. Sementara itu proses foto prewedding selama 1 jam dengan lokasi teras kaca biayanya adalah sebesar Rp500.000.

Selain berbagai macam spot foto yang berbayar tersebut, ada juga spot foto gratis yang berada di teras kaca yang disediakan sambil pengunjung menunggu antrian. Seperti spot ayunan, bangku taman dan juga sport pintu kayu.

Di samping mengeluarkan uang untuk berfoto di spot foto yang ada di teras kaca. Ada berbagai macam peraturan yang harus diikuti oleh pengunjung yang menggunakan jasa spot foto. Untuk mendapatkan foto yang instagramable, yakni lama foto untuk setiap orang yaitu 2 menit saja.

Misalnya anda adalah rombongan berlima yang ingin mengambil foto di teras kaca dan juga glass boat. Anda harus mengeluarkan biaya masuk Rp25.000. Lalu membeli tiket spot foto di teras kaca Rp100.000 untuk berlima.

Nantinya akan diberikan nomor antrian berurutan yang berwarna kuning. Ditambah lagi dengan tiket glass boat sebesar Rp150.000 untuk ber 5. Nanti anda akan diberikan nomor urutan yang berwarna coklat.

Bila anda tidak bawa kamera sendiri, maka di teras kaca Jogja juga ada jasa fotografer yang siap membantu anda. Mereka akan mengabadikan momen ketika sedang berfoto di atas teras kaca dengan menggunakan kamera DSLR.

Harga jasa foto yang ditawarkan di teras kaca dihitung per file foto yang diambil. Harga per file foto sebesar Rp4.000. Bila borongan semua file foto lebih murah sesuai jumlah fotonya dan pandai apa anda menawarnya.

Total biaya untuk berfoto dan juga berwisata di teras kaca untuk 5 orang menghabiskan dana sebesar Rp275.000 belum untuk jasa foto dan parkir.

Baca Juga : Sewa mobil hiace murah Jogja

Mulai sekarang, persiapkan liburan anda ke destinasi wisata hits di Jogja dengan matang. Nikmati liburan di pantai teras kaca Jogja dengan sensasi yang menantang dan memacu adrenalin anda.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telepon
WhatsApp