EnglishIndonesian

Paket Wisata Jogja Murah I Sewa Hiace Jogja I Biro Umroh Jogja

Pantai Timang Jogja Dengan Spot Keren Yang Memacu Adrenalin

02 Okt 2019

No Comments

Tourgunungkidul

3

Pantai Timang Jogja

Wisata Jogja yang memang diketahui beraneka ragam menjadi salah satu tempat tujuan wisata dari pengunjung yang berasal dari berbagai macam daerah. Obyek wisata disini memang banyak sekali. Mulai dari wisata bersejarah hingga wisata kuliner selalu tersaji di Jogja ini. Begitu juga kuliner khas dari Pantai Timang Jogja pun tak maw kalah untuk menyajikan kuliner khasnya.

Pesona alam yang ada di Jogja juga tak kalah menarik pastinya, berbagai wisata dengan suasana yang sejuk dan memiliki pemandangan indah tersebar banyak di kota ini. Namun tak disangka jika dibalik itu, Jogja masih menyimpan wisata pantai yang sangat banyak jumlahnya dan memiliki keindahan tersendiri.

Pantai di Jogja yaitu banyak terdapat di Kabupaten Gunungkidul. Gunungkidul memang surganya Pantai. Wilayah Tenggara Yogyakarta ini memiliki puluhan pantai yang sangat eksotis dan sebagian besar masih alami. Tak heran jika wilayah yang dulu terkenal kering kerontang itu kini menjadi primadona wisata Jogja.

Gunungkidul ini sudah terkenal sekali dengan pantainya yang banyak sekali dan tiap pantainya memiliki ciri khas tersendiri. Uniknya keberadaan wisata pantai yang ada di Gunungkidul ini letaknya berjajar dan berdekatan antara satu dengan yang lainnya.

Pantai di wilayah ini juga sebagian besar memiliki pasir yang berwarna putih. Diantaranya seperti halnya Pantai Sepanjang, Pantai Sundak, Krakal, Kukup, Pantai Watu Kodok, Pantai Siung, dan masih banyak lagi pantai lainnya di Gunungkidul yang bisa anda kunjungi.

Dari berbagai pantai yang ada di Gunungkidul, ternyata ada salah satu pantai yang akan memacu adrenalin anda semuanya. Wisata tersebut merupakan sebuah pantai yang di beri nama Pantai Timang Jogja. Banyak sekali orang yang penasaran dan ingin mengunjungi Pantai Timang Jogja ini untuk menemani hari liburnya.

Memang Pantai Timang Jogja ini memiliki spot yang lain dengan pantai yang lainnya yang ada di Jogja. Sebab, disini tersedia berbagai wahana yang sangat memacu adrenalin bagi yang mencobanya. Jadi, tak heran jika banyak orang yang penasaran dan ingin mengunjungi pantai ini.

Wisata Pantai Timang

Wisata Pantai Timang Jogja

Pantai Timang Jogja termasuk salah satu objek wisata yang lokasinya berada di antara Pantai Siung dan Pantai Sundak Gunungkidul. Pantai yang belum terdapat banyak pembangunan ini akan memberikan kesan yang sangat alami untuk para pengunjungnya.

Keunikan utama yang ada di wisata di Pantai Timang Jogja yaitu lokasi pantai yang cukup terpencil, dengan demikian pantai ini terkesan privat. Hamparan pasir putih bersih yang indah dengan panorama lautan lepas yang berwarna hijau kebiru-biruan tampak sangat eksotis.

Baca Juga : Paket Murah wisata Jogja @280.000

Mengetahui wisata Pantai Timang Jogja ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia jadi untuk ombak lautan yang ada disini memang cukup memukau. Tumbuhan pandan yang ada di sekeliling pantai ini juga bisa memberikan kelengkapan pemandangan alami yang sangat indah untuk anda nikmati.

Tak hanya itu saja, Pantai Timang Jogja ini juga mempunyai dua bagian pantai barat dan timur. Pada bagian timur termasuk pantai yang berpasir putih. Yang mana pantai ini tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Gunungkidul.

Kemudian, yang ada di sebelah barat termasuk pantai yang memiliki batu-batuan terjal yang pastinya langsung berbatasan dengan laut. Dan di bagian inilah yang membuat kawasan Pantai Timang Jogja ini menjadiwisata populer di Jogja. Sebab, adanya view yang sangat eksoktis berupa pulau atau batu karang yang besar di seberang pantai.

Pantai Timang Jogja yang terapat di pantai ini jika dilihat memang tidak berbeda jauh dengan pulau-pulau pada umumnya. Yang pada umumnya pulau yang berupa sebidang tanah dengan pesisir yang berpasir. Akan tetapi, di Pulau Timang ini tidak lebih hanya berupa bongkahan batuan karang yang tajam serta mempunyai tebing yang sangat curam.

Akses yang disediakan untuk para pengunjung yang hendak menyebrang ke Pulau Timang ini yaitu dengan cara menaiki Gondola Pantai Timang Jogja atau dengan cara menaiki kereta gantung yang tradisional.

Kereta gantung yang ada di Pantai Timang Jogja ini dibuat dengan bahan-bahan yang sangat sederhana. Diantaranya yaitu berupa kayu dan tali atau tambang untuk dijadikan sebagai penghubungnya agar bisa dilewati.

Gondola yang bterdapat  di atas tebing yang memiliku ketinggian antara 65 meter tersebut sebenarnya tidak termasuk fasilitas yang disediakan untuk para wisatawan. Sebab, dipakai oleh masyarakat sekitar yang sebagian besarnya merupakan nelayan dalam mencapai Batu Karang untuk mencari lobster.

Untuk anda semuanya yang ingin menguji nyali atau menguju adrenalin anda dengan menaiki gondola yang ditarik ini, anda semuanya mengkonfirmasi pada pengelola paling tidak dalam waktu sehari sebelumnya. Sebab, mereka nantinya akan mengecek keamanan serta mencobanya terlebih dahulu supaya bisa aman untuk para wisatawan yang mencoba menggunakannya.

Gondola itu juga digerakkan secara manual, dan tidak menggunakan mesin, sehingga anda semuanya akan ditarik oleh beberapa orang yang pastinya sudah terlatih untuk bisa sampai ke seberang.

Untuk jarak antara pulau dengan pantai sekitar yaitu sepanjang 100 meter. Apabila anda semuanya ingin mencoba menaikinya, sebaiknya anda harus membayar sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan. Disini tidak disediakan asuransi, sehingga sepenuhnya resiko ditanggung diri-sendiri.

Sangat diperlukan mental yang kuat jika anda semuanya ingin mencoba menyeberang ke pulau karang yang ada di Pantai Timang ini.  Sebab, di sepanjang penyeberangan tersebut anda semuanya akan meluncur sendirian dengan menaiki gondola diatas lautan yang dalam dengan deburan ombak yang besar.

Maka dari itu, untuk anda semuanya yang memiliki hobi berpetualang dan juga suka fotografer, berkunjung di Pantai Timang ini anda semuanya bisa memperoleh kepuasan serta bisa mendapatkan keindahan yang sebanding dengan perjalanan yang anda lakukan.

Destinasi Pantai gunungkidul

Lokasi Pantai Timang Jogja

Bagi anda semuanya yang ingin berkunjung di Pantai Timang dan menikmati berbagai keindahan yang disuguhkan di tempat ini, sebaiknya terlebih dahulu anda semua harus mengetahui lokasi dari Pantai Timang ini.

Wisata Pantai Timang Jogja ini alamatnya berada tepatnya di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk perjalanan dari kota Jogja menuju ke Pantai Timang biasanya akan memakan waktu kurang lebih sekitar 3 jam.

Rute Menuju Pantai Timang Jogja

Rute dari Kota Jogja menuju ke Pantai Timang anda semuanya bisa mengambil jalan ke arah Wonosari samoai anda sudah sampai ke pusat Kota Wonosari. Setelah itu, anda bisa ambil ke arah ke Pantai Baron sampai ada di pertigaan Mulo.

Setelah itu anda bisa ambil arah ke kiri menuju Pantai Siung, sampai di Pasar Dakbong. Selanjutnya anda hanya perlu ikuti petunjuk jalan untuk menuju pantai Timang. Jika anda semuanya akan sampai di pantai ini, maka anda akan menjumpai jalan berbatu sekitar 5 km.

Karena kondisi jalan yang seperti ini, maka tak heran jika banyak jasa ojek yang bersedia untuk mengantar para pengunjung untuk bisa sampai ke pantai timang. Sebab, banyak yang belum hafal medan jalan, nekat sendiri dan akhirnya kendaraannya bermasalah di jalanan.

Daya Tarik Pantai Timang Jogja

Banyaknya pengunjung di Pantai Timang Jogja ini pastinya karena daya tarik yang ditawarkan di tempat wisata ini. Mulanya Pantai Timang sepi pengunjung, akan tetapi mulai sekarang pantai ini sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah sebab daya tarik yang dimilikinya.

Untuk anda semuanya yang menyukai tantangan, berkunjung ke Pantai Timang yang dicari dan ingin dicoba mungkin wahananya yang berupa gondola dan jembatan gantungnya. Sebab dua wahana ini memang begitu menarik dan menjadi ikon dari pantai ini.

Baca juga : Paket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam

Sebab, di wahana inilah para pengunjung bisa merasakan sensasi menyebrangi ombak yang ganas, dengan terpaan angin yang terasa begitu kencang. Anda juga bisa merasakan berjalan di atas jembatan atau menyebrangi pantai dengan menaiki kereta gantung, dan itu bukanlah sensasi yang dinilai biasa saja. Sebab, disiniah anda akan mendapatkan pengalaman yang begitu luar biasa.

Tidak semua orang berani untuk mencoba wahana tersebut. Namun, karena mereka sangat ingin melihat keindahan batu karang yang ada di seberang sana, maka diharuskan pengunjung mencoba dua wahana yang ada disini.

Walaupun ini tergolong wisata yang cukup ekstrim, namun para wisatawan yang ada disini tidak pernah surut berdatangan. Banyak sekali peminat wisata ini. Baik yang ke sana dengan tujuan untuk merasakan menyebrangi pantai melewati jembatan gantung dan menaiki gondola, atau mereka yang berkunjung hanya untuk menikmati pemandangan saja.

Bagi anda semuanya  yang takut menyebrang, sebaiknya anda tidak perlu merasa khawatir. Karena, masih ada hal menarik lain yang bisa anda nikmati. Di wisata ini tetap di sediakan spot-spot menarik yang bisa anda gunakan untuk foto. Jadi spotnya tidak hanya disediakan di seberang batu karang seberang saja.

Dan apabila anda semua disini merasa lapar,  anda dapat mencoba langsung kuliner lobster segar yang baru saja diambil nelayan dari laut. Berkunjung disini pastinya akan memberikan pengalaman yang tidak bisa dilupakan.

Nah, agar bisa lebih jelas lagi berikut ini akan diulas apa saja daya tarik yang bisa anda dapatan di Pantai Timang Jogja ini satu per satunya dengan terperinci.

Jeep Pantai Timang Jogja

Perlu anda ketahui, jika kondisi jalan menuju pantai dari desa terakhir hingga sampai pantai sangat terjal dan keadaannya juga belum beraspal. Dan hanya terdapat beberapa ruas jalan saja yang sudah di cor block, akan tetapi saat ini juga sudah mulai rusak.

Jalan untuk menuju Pantai Timang ini masih berupa batu-batu karang yang sangat runcing dan ditata dengan sedemikian rupa agar tanahnya keras dan kondisinya tidak begitu becek ketika sudah datang musim hujan.

Untuk harga sewa mobil Jeep untuk anda semuanya menuju Pantai Timang yaitu Rp 250.000 per Jeep. Yang mana satu Jeep ini biasanya muat untuk 4 sampai dengan 5 orang dewasa.  Jadi, anda bisa membagi biaya tersebut dengan rombongan teman anda.

Harga yang ditetapkan tersebut sudah termasuk biaya sewa Jeep, Solarm Sopir, serta tiket masuk di wilayah Pantai. Namun, untuk harga disini belum termasuk untuk Naik Gondola dan menyebrangi pantai lewat jembatan gantung. Untuk jarak antara pangkalan ojek, operator Jeep sampai dengan Pantai Timang jaraknya kurang lebih sekitar 3 sampai dengan 4 kilometer.

paket jeep pantai

Jembatan Gantung Pantai Timang Jogja

Nah, untuk dapat menuju pulau yang ada di Pantai Timang, salah satu caranya yaitu dengan menyeberanginya dengan melewati jembatan gantung. Dan jembatan ini memiliki sensasi tersendiri bagi yang melintasinya. Banyak pengunjung yang penasaran untuk mencoba wahana ini.

Jembatan  Pantai Timang ini dibangun karena dari inisiatif warga setempat yang ingin memfasilitasi para wisatawannya yang ingin menyebrang menuju Pulau Timang. Jembatan ini dibangun setelah adanya gondola atau kereta. Dengan demikian, jembatan  ini bisa menjadi alternatif lain untuk para wisatawan untuk menuju Pulau Timang.

Jembatan  Pantai Timang ini dibuka untuk para wisatawan umum sejak bulan Maret 2017 yang lalu. Jembatan  Pantai Timang ini juga dibangun oleh warga setempat yang juga merupakan pengelola dari Pantai Timang. Jumlah biaya untuk bisa membangun jembatan ini yaitu mencapai 50 juta rupiah.

Pulau Timang memang mempunyai keunikan tersendiri untuk para wisatawan yang mengunjunginya. Pulau kecil tak berini tidak dihuni, akan tetapi mempunyai pemandangan yang cukup indah sebab menghadap laut lepas.

Di pulau ini juga ada spot yang digunakan untuk memancing lobster yang pada umumnya dilakukan oleh warga setempat. Keunikan inilah yang menjadikan para pengunjung disini banyak yang penasaran sampai menguji adrenalinya untuk menyeberangi pantai menuju Pulau Timang.

Pengalaman anda semuanya dalam menyeberangi jembatan  Pantai Timang ini pastinya akan terasa sangat berbeda dengan menyeberangi jembatan seperti pada umumnya. Sesudah membeli tiket masuk jembatan, nantinya para wisatawan akan dibawa menuju lokasi jembatan yang letaknya ada di ujung tebing. Jembatan ini mempunyai panjang kurang lebih sekitar 120 meter dan dengan ketinggian 12 meter di atas permukaan laut.

Tak hanya sampai disitu saja, ketika  menyeberangi jembatan  Pantai Timang, wisatawan akan merasakan sensasi yang begitu luar biasa yaitu saat terkena hempasan angin. Dengan adanya angin laut jembatan  ini nantinya akan bergoyang.

Selain itu, pada saat di tengah perjalanan ketika menyeberangi jembatan  Pantai Timang, wisatawan juga akan merasakan cipratan air laut yang pastinya bisa membasahi seluruh badan.

Ktika menyeberangi jembatan gantung Pantai Timang ini, para wisatawan juga dituntut untuk tidak takut, sebab jika telah berada di tengah jembatan ini sudah tidak akan ada cara lain untuk bisa menuju ke Pulau Timang selain melanjutkan berjalan terus.

Anda semuanya tidak perlu merasa khawatir, sebab jembatan ini dibuat dengan sangat kokoh. Ada juga tali yang dibuat tinggi dan dinilai sangat aman. Selain itu, pada saat anda semuanya ingin menyebrang akan di temani oleh pemandu.

Baca Juga :Paket Wisata Jogja 3 Hari 2 Malam

Deburan ombak yang sangat kencang di bawah jembatan dan angin laut yang selalu bertiup kencang akan menerpa jembatan ini sehingga jembatan menjadi bergoyang-goyang. Tidak perlu khawatir,  sebab hal seperti inilah yang merupakan sensasi saat menyebrang di Pantai Timang yang keren ini.

Jembatan Pantai Timang sekarang ini juga sudah menjadi salah satu atraksi wisata adrenalin yang sudah banyak diminati oleh para wisatawan. Ini semuanya juga didukung karena adanya kunjungan artis Korea dalam serial acara Running Man.

Kedatangan artis luar negri ini untuk menjadikan Pantai Timang sebagai salah satu lokasi pengambilan gambarnya. Setelah kunjungan artis Running Man pada bulan Oktober 2017 lalu, kunjungan wisatawan ke Pantai Timang ini menjadi bertambah, dan juga semakin populer.

Jeep Pantai Timang Jogja

Gondola Pantai Timang Jogja

Daya tarik wisata di Pantai Timang Jogja selanjutnya yaitu dengan adanya wahana Gondola yang bisa memacu adrenalin untuk para pengunjung yang hendak mencoba menaikinya. Perlu anda ketahui, jika gondola tradisional hanya di gerakan secara manual dengan tenaga manusia.

Setelah itu, kita bisa naik untuk menyebrang laut yang di bawahnya terdapat ombak besar dan angin yang kencang. Inilah yang menjadikan mengapa setiap pengunjung yang menaiki wahana ini akan berteriak sekencang-kencangnya.

Meskipun terkesan ekstrim, justru banyaknya pengunjung yang datang kesini alasan utamanya karena mereka merasa penasaran untuk menaiki gondola dan juga mencoba menyebrang dengan lewat jembatan gantung.

Setelah itu mereka baru bisa  merasakan sensasi berada di bukit karang di tengah pantai yang disertai dengan deburan ombak yang besar dan anginnya yang bertiup dengan sangat kencang. Batu-batuan di Pulau Timang ini sangat tajam. Jadi perlu menggunakan alas kaki.

Ternyata manfaat dari gondola ini bukan hanya untuk wahana para pengunjung saja, namun warga sekitar atau nelayan yang hendak mencari udang ke Pulau Timang juga harus menggunakan jasa gondola ini.

Sebab angin serta ombak di pantai ini yang terlalu besar, maka tidaklah memungkinkan jika para nelayan atau warga menyebranginya dengan menggunakan perahu tradisional. Dengan menaiki gondola yang ditarik manual ini, para nelayan bisa sampai ke pulau sebrang untuk mencari lobster.

Mungkin sebelumnya anda semuanya pernah membayangkan jika saat di Pantai Timang ini anda akan menaiki gondola atau kereta gantung yang ada pintunya, berkaca serta modern. Namun, gondola di Pantai Timang ini tradisional dan ditarik secara manual oleh manusia dengan menggunakan tali tambang.

Alasan mengapa gondola ini ditarik dengan menggunakan tali tambang ini sebab tali tambang dinilai lebih kuat pada saat terkena air laut dari pada menggunkan sling yang terbuat dari besi atau terbuat dari bahan  berupa baja.

Aktivitas menyeberang dengan menaiki gondola ini bisa tergolong cukup ekstrem, sebab tepat di bawahnya termasuk kumpulan air laut biru dengan ombak lautan yang cukup ganas. Selama cuaca keadaannya sedang cerah, maka ombak lautan tersebut akan tenang.

Inilah salah satu alasan yang perlu anda ketahui mengapa gondola Pantai Timang ini tergolong aktivitas yang dinilai ekstrem. Anda juga membutuhkan mental serta nyali besar untuk bisa melewati keganasan ombak yang ada di bawahnya.

Akan tetapi, pada saat cuacanya kurang baik, anda semuanya  dapat saja tersiram ombak walaupun sudah berada di ketinggian 9 – 11 meter di atasnya. Apalagi, untuk  jarak dari Pantai Timang ke Pulau Timang ini juga tidak 10an meter saja, namun hingga 100 meter.

Setelah anda semuanya sampai di pulau Panjang,  maka akan melihat hamparan luas Samudera Hindia di sisi sebelah selatan serta gugusan pantai Gunungkidul. Disini anda bisa menyaksikan pemandangan yang indah serta suasana yang begitu menyegarkan.

Tiket naik gondola ini kurang lebih sebesar Rp. 200.000,- untuk bolak balik dari pantai menuju ke bukit karang serta dari bukit karang untuk kembali ke pantai. Mulanya, menaiki gondola ini tidak dikenakan biaya. Akan tetapi, sebab antusiasme pengunjung yang hendak mencobanya dan ingin berada di bukit karang, maka menjadikan warga memberikan tarif harga untuk perjalanan bolak balik.

Sebagian besar para wisatawan yang berani mencoba wahana gondola ini yaitu wisatawan luar negeri, diantaranya seperti Malaysia, Singapura, serta beberapa negara tetangga lainnya. Rata-rata pengunjung yang berani mencoba wahana disini yaitu 50 sampai dengan 150 orang.

Pulau Pantai Timang Jogja

Pulau Timang

Daya tarik selanjutnya yang bisa anda nikmati disini adalah Pulau Timang. Anda nantinya akan mendarat di sini setelah menyeberang dengan gondola dari Pantai Timang. Silahkan anda memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mengabadikan momen serta mengambil gambar-gambar yang ada dari sudut pandang Pulau Timang.

Anda semuanya pasti akan terpesona dengan panorama yang ada di sekitarnya. Ketakutan yang sempat anda rasakan saat menaiki gondola pun akan hilang seketika setelah mengetahui keindahan alam pantai yang disuguhkan Pantai Timang ini.

Kuliner Lobster

Para nelayan yang bertempat tinggal di sekitar Pantai Timang Jogja memang menjadikan lobster menjadi komoditi utama dari mereka. Lobster bisa diolah menjadi seafood yang super lezat dengan gizi yang sangat tinggi.

Maka dari itu, jangan sampai melewatkan kesempatan di pantai ini untuk mencicipi lobster khas dari Gunungkidul ketika sudah sampai di sini. Para wisatawan yang berkunjung disini banyak yang tidak melewatkan momen yang sangat menarik ini.

Apabila anda semuanya merasa tertarik,  anda bisa mengambil paket kuliner lobster yang diolah oleh warga setempat. Harganya yaitu berkisar dari 250 ribu rupiah untuk per kilogramnya. Untuk satu paket, anda bisa memperoleh nasi hangat, olahan lobster, krupuk, rempeyek serta  teh hangat. Kenikmatan yang disajikan disini mungkin sangat jarang anda dapatkan di tempat lain.

Harga Tiket Pantai Timang Jogja

Harga tiket masuk di Pantai Timang ini yaitu tidak mahal. Sebab cukup dengan membayar sebesar 5.000 saja. Itu juga telah mencakup biaya parkir. Yang cukup mahal yaitu harga untuk membayar melawati jembatan dan menaiki wahana kereta gantung. Yaitu dibanderol dari harga 100.000 sampai dengan 150.000.

Harga tiket masuk yang hanya Rp 5.000 ini hanya dapat menjangkau tempat permulaan saja. Jadi, untuk menuju seberang Pulau Timang para pengunjung harus membayar lagi.

Baca Juga : Sewa mobil hiace murah Jogja

Tujuan pembayarannya yaitu untuk ditujukan guna menyewa fasilitas penyeberangan dan juga membayar jasa mereka. Untuk anda semuanya yang bisa sampai ke seberang pantai sendirian, tanpa memakai fasilitas atau jasa, tentunya tidak akan ada tarifnya .

Sedangkan, untuk harga makanan lobsternya, mulai dari 250.000 sampai dengan 350.000. Masakannya disini juga sangat lezat yang dibuat dengan bumbu-bumbu tradisonal yang menyerap pada sela-sela daging lobster yang putih serta lunak itu.

Jam Buka Pantai Timang Jogja

Jika anda ingin berlibur disini, Pantai Timang ini buka setiap hari. Entah itu di hari kerja maupun saat hari libur. Sedangkan untuk jam bukanya selama 24 jam. Namun, untuk bisa menikmati wahana gondola atau kereta gantung, pada umumnya wisatawan datang di pagi hingga sore hari. Ketika malam anda bisa menikmati suasana sekeliling pantai saja.

Tips Sebelum Wisata ke Pantai Timang Jogja

Sebelum anda memutuskan untuk berwisata di Pantai Timang Jogja, maka persiapkan uang saku untuk pembelian tiket masuk, harga naik Jeep, naik wahanaGondola, dan juga biaya untuk menyeberang lewat Jembatan gantung. Siapkan budget yang cukup sebagai bekal berwisata.

Pastikan juga kendaraan anda semuanya dalam kondisi prima, serta kuat. Sebab, perjalanan jauh dan menanjak berkelok akan anda lintasi selama 2 jam perjalanan. Dan yang terpenting, jangan lupa untuk membawa kamera terbaik anda untuk mengabadikan moment berwisata anda.

Abadikan momen indah anda di Pantai Timang Jogja. Keindahan yang dihadirkan disini tidak akan membuat anda semuanya merasa menyesal.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telepon
WhatsApp