EnglishIndonesian

Paket Wisata Jogja Murah I Sewa Hiace Jogja I Biro Umroh Jogja

PROFESI TOUR GUIDE JOGJA ITU MENYENANGKAN, KENAPA???????

09 Okt 2019

No Comments

Tourgunungkidul

1

tour guide jogja

Selama ini,  pemandu atau disebut dengan tour guide Jogja belum diperhatikan sebagai pekerjaan yang dianggap keren dibanding dengan pekerjaan lainnya.

Banyak yang mengatakan bahwa pekerjaan tour guide Jogja itu melelahkan dan susah untuk dijalankan sebab.

mesti berjumpa dan bercerita ke banyak pelancong yang mempunyai kepribadian, bahasa dan tradisi, kebiasaan, kultur yang berbeda-beda.

Namun, bagi orang-orang yang mengenal profit dan peran tour guide Jogja dalam menolong perkembangan pariwisata Indonesia, tentu kesusahan hal yang demikian akan dengan gampang ditepis.

Keuntungan Menjadi Tour Guide Jogja

1. Tour Guide Jogja Pasti Banyak relasi teman

tour guide jogja

Tour guide pekerjaan yang tepat untuk orang-orang yang berkeinginan mempunyai banyak sahabat. Tiap bertugas, tour guide akan berjumpa dengan banyak pelancong yang tentu saja mempunyai latar belakang berbeda-beda.

Sebab dalam menjalankan pekerjaannya peran tour guide tak kaku, malahan dapat bercanda dengan pelancong yang sedang dihandle, karenanya pelancong-pelancong hal yang demikian sering kali menjadi kenalan dan membangun pertemanan.

2-Sengaja atau tidak, Menjadi Tour Guide Jogja akan Menambah Wawasan

tour guide jogja

Seorang tour guide haruslah memiliki wawasan yang luas. Kecakapan untuk bergaul dengan pelancong yang berasal dari latar belakang berbeda-beda juga didukung oleh pengetahuan lapangan yang memadai. Tak cuma pengetahuan seputar destinasi serta P3K saja.

Oleh sebab itu, wajar kalau banyak pelancong yang terkagum dengan tour guide yang menemani mereka dikarenakan dapat diajak untuk ngobrol dengan topik apa saja serta dapat menyesuaikan situasi dan kondisi lapangan.

ditambah pengetahuan tambahan dalam menyusun perencanaan yang dipelajari oleh seorang tour guide secara mandiri, wawasan juga akan terus bertambah seiring dengan  bertambahnya jam terbang.

Dapat saja di tengah-tengah perjalanan, ada pelancong yang bercerita mengenai tempat asalnya maupun topik lain yang mungkin belum dikenal, sehingga wawasan tour guide hal yang demikian  luas dan bertambah.

3-Tour Guide Memperoleh Banyak Uang ?

tour guide jogja

Nilai ini sengaja memang ada dua persepsi yang berbeda seputar uang yang dapat diperoleh seorang tour guide.

Persepsi yang pertama, tour guide dianggap sebagai pekerjaan yang gampang dan sedap dibandingkan dengan pekerjaan lain.

Saat mendampingi pelancong, seorang tour guide dapat dianggap sedang “ikut serta jalan-jalan”,  sedang ditugaskan untuk mendampingi pelancong nusantara ke luar negeri, karenanya tour guide juga dapat ikut serta nimbrung berlibur,  sambil memperoleh upah  dari pelancong.

Inilah kenapa pekerjaan tour guide dianggap pekerjaan yang bisa mendatangkan income dengan piknik.

Namun…

 

Di sisi lain, atau dapat juga dianggap dari sudut pandang seorang tour guide. Uang yang didapatkan ini – berapapun jumlahnya – adalah cerminan dari resiko, kesusahan dan bermacam-macam tuntutan yang seharusnya dipenuhi untuk menjadi seorang tour guide.

Resiko dan kesusahan menjadi tour guide tentu cukup banyak, apalagi  sedang mendampingi grup pelancong dalam jumlah besar.

Kalau ada pelancong yang sakit mendadak, geram atau tak puas dengan pelayanan di suatu destinasi, karenanya yang dicari pertama kali yaitu tour guide yang sedang bertugas mendampingi mereka.

hal Semacam Itu juga tuntutan sebagai seorang tour guide.

Perlunya meniru berbagai uji pekerjaan untuk menerima akta tour guide, semestinya pandai sebagian bahasa, dapat diajak mengobrol dalam topik apa saja, semestinya pelancong jadi lebih enjoy selama perjalanan dan beragam hal lainnya adalah tantangan tersendiri yang jarang ditemukan di pekerjaan lain.

4-Bangun Kekerabatan dengan Menjadi Tour Guide

tour guide jogja

Sebab relasi antara tour guide dan pelancong dapat benar-benar dekat, karenanya kemungkinan untuk menerima hubungan dari pelancong yang didampingi menjadi amat besar.

Seorang tour guide juga dapat hubungan dari agen perjalanan daerah dan berprofesi.

Kalau tour guide hal yang demikian merupakan freelancer atau tour guide lepas, karenanya dapat dipastikan tour guide hal yang demikian pernah berprofesi di lebih dari satu agen perjalanan bertamasya.

Kian banyak pelancong yang di-handle dan kian banyak agen perjalanan tamasya yang pernah menjadi daerah kerja, karenanya peluang untuk membangun kekerabatan juga kian besar.

Aku sendiri pernah berjumpa dengan seorang tour guide senior di Yogyakarta yang sanggup membikin resto dengan sasaran konsumen pelancong mancanegara dari hubungan dengan agen perjalanan liburan.

5-Serta Berperan dalam Mengoptimalkan Pariwisata Indonesia

tour guide jogja

Sedikit sekali orang yang sadar seputar alangkah pentingnya peran tour guide dalam perkembangan industri pariwisata di suatu negara.

Tour guide merupakan ujung tombak pariwisata.

Hal ini dikarenakan peran tour guide ialah sebagai fasilitator maupun orang yang menjadi penghubung antara pelancong dengan energi tarik liburandi suatu destinasi.

Tour guide akan memberikan penjelasan mengenai keunikan suatu destinasi dengan lebih {terang} dan menyenangkan {terhadap} {pelancong}, sehingga kepuasan pelancong selama perjalanan liburan juga kian bertambah.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telepon
WhatsApp