Jogja menjadi sebuah tujuan liburanyang amat populer semenjak dahulu. Di Jogja memang ada banyak sekali obyek tamasya yang bermunculan dan kian berkembang dari hari ke hari. Kecuali itu suasana Jogja sebagai kota kebiasaan di Pulau Jawa juga menjadi sebuah karakteristik unik. Suasana malam Jogja juga pasti rindu. Tak heran kalau banyak turis mau kembali ke Jogja untuk menelusuri sisi lain Jogja di kemudian hari. Kalau  berniat berlibur ke Jogja, tetapi baru pertama kali ke sana, tak usah khawatir. Warga Jogja yang ramah akan membuat travelingmu lebih merasa aman. Kecuali itu, kau perlu menyimak trik blusukan ke Jogja berikut ini supaya perjalanan selama di Jogja berjalan lancar tanpa hambatan.

  1. Tentukan tujuan destinasi

Sebelum datang ke Jogja, ada bagusnya kalau memastikan terutama dahulu obyek liburan mana saja yang mau dikunjungi. Jangan hingga sesudah tiba di Jogja, tidak bingung akan pergi ke mana. Hal ini penting, sebab di Jogja ada banyak sekali destinasi, mulai dari di tengah kota sampai mblusukan di alam bebas Jogja. Tentukan tujuandestinasi (itenari) dengan minatmu. Jangan hingga liburan justru menjadi aktivitas yang tak sesuai dengan keinginanmu.

  1. Tentukan susunan liburanmu

memilih akan berlibur dengan apa selama di Jogja. Berkeinginan  murah ala backpacker, atau justru piknik eksklusif ala turis-turis bule? Atau dapat juga dengan ikut serta program tamasya melalui agen-agen perjalanan yang telah kau pesan sebelumnya. Tentukan sebelum supaya perjalananmu terkonsep dengan bagus.

  1. Siapkan kendaraan yang pantas

Untuk pergi ke Jogja, kau dapat datang dengan bis, kereta api, atau pesawat terbang. Atau dapat naik kendaraan pribadi untuk menuju Jogja. Siapkan kendaraan yang cocok dengan keadaan. Apabila memang akan naik kendaraan awam, pesan tiketnya jauh-jauh hari supaya tak kehabisan.

  1. Naik trans Jogja

Jogja kian berkembang dengan bagus. Ketika ada transportasi  berupa bis kota trans Jogja. Trans Jogja dapat menolong pelancong berkeliling dengan tarif murah. Ada banyak destinasi yang dapat dikunjungi dengan trans Jogja. Malahan trans Jogja juga dapat diakses dari airport.

  1. Jangan makan di Malioboro

Apabila sedang blusukan murah, lebih bagus jangan blusukan kuliner di Malioboro sebab harga makanan di sana cukup mahal. Malah {sebagian} angkringan mematok harga yang amat mahal. Makanlah di daerah lain yang tak seperti itu dekat dengan Malioboro. Tetap kalau tidak keberatan, silakan makan di area itu.

  1. Pilih penginapan yang sesuai dompet

menginap, pilihlah penginapan yang pantas dengan budget. Banyak penginapan yang gampang didapat di Jogja. Ada penginapan yang murah. Penginapan yang mahal juga banyak. Pilih penginapan cocok dengan keperluan.

  1. Beli oleh-oleh seperlunya

Walau Jogja adalah lokasi yang pas untuk berbelanja, lebih bagus berbelanja secukupnya saja. Tapi  memang menyukai belanja, berbelanja sepuasnya juga dipersilakan. Tapi lihat budget yang ada di dompet. Jangan kehabisan uang sebelum pulang.

  1. Tentukan budget dan pengeluaran

Bila berlibur ke Jogja, jangan lupa tentukan sasaran pengeluaran. Jangan hingga pengeluaran melebihi sasaran yang diinginkan, sebab itu artinya aktivitas wisatamu telah terlalu boros. Cari trik agar keuangan selama blusukan konsisten aman. Sebab tujuan backpaker bukan untuk menghamburkan uang, namun untuk menerima pengalaman berharga.

  1. Mampir lingkungan kampus

Jogja merupakan kota pelajar yang mempunyai banyak universitas dan kampus familiar. Tak ada salahnya mampir ke wilayah kampus ketik blusukan ke Jogja. Di wilayah hal yang demikian pasti ada banyak warung makan yang murah dan nikmat sebab berada di dekat wilayah kost mahasiswa.

  1. Berlibur cocok rute

Berwisatalah cocok rute. Kalau berkeinginan berlibur di tengah kota, karenanya wilayah Malioboro dan Keraton menjadi alternatif utama sebab masih berada pada satu rute. Seandainya blusukan ke selatan Jogja, karenanya jalan-jalanlah ke wilayah pantai dan carilah pantai yang sejalan rutenya.  ini akan menghemat waktu dan tarif.

  1. Bawa uang receh

Di Jogja ada banyak sekali musisi trek, terpenting di wilayah Malioboro. Kalau menghabiskan waktu dengan nongkrong di Malioboro, siapkan uang receh untuk memberi bayaran pada musisi jalur malioboro, sebab akan banyak pengamen jalur yang datang silih berganti.

  1. Bawa topi / payung

Jogja wilayah yang cukup panas. Apalagi kalau berkunjung dikala siang hari. Untuk berjaga-jaga bawalah senantiasa topi atau payung. Hal ini akan menghindarkan terik matahri yang terlalu panas . Dengan demikian itu, aktivitas akan berjalan lebih lancar.

  1. Jangan jajan sembarangan

Walau kau menyukai explore kuliner, jangan jajan sembarangan di kota orang. Lebih bagus membenahi pola makan sedangkan ketika blususkan. karena itu untuk menghindari risiko gangguan pencernaan selama dikota orang. Bayangkan saja kalau kau terserang diare ketika lagi asik-asiknya. Tentu hal hal yang demikian akan mengganggu, bukan?

  1. Jangan buru-buru tidur

Suasana malam Jogja sangatlah berbeda. Bila blusukan ke Jogja, lebih bagus jangan buru-buru mampir ke penginapan saat malam hari. Apalagi kalau penginapanmu ada di sekitar Malioboro. Nikmati dahulu suasana malam Jogja. Ada banyak tempat yang dapat didatangi ketikamalam hari di Jogja, khususnya Malioboro.

  1. Berlibur di musim kemarau

Sebab berlibur ke Jogja beberapa besar ialah tipe liburan citytour, ada bagusnya berkunjung ketika musim kemarau. Sebab ketika musim hujan, aktivitas liburan akan terganggu{kalau sewaktu-waktu terjadi hujan lebat. Kecuali itu, berlibur ketika musim kemarau di obyek liburan alam juga akan memberikan panorama yang lebih menawan ketimbang ketika musim hujan.

  1. Hindari musim wisata

Jogja yang adalah kota akan senantiasa ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai tempat. Hindari musim libur panjang untuk memperoleh suasana liburan yang lebih hening dan kondusif untuk berlibur. Apalagi kalau tak terlalu|menyukai keramaian.

https://www.booking.com/hotel/vn/golden-bell-backpacker-hostel-thanh-pho-ninh-binh.id.html?aid=356980;label=gog235jc-1DCAso9AFCMWdvbGRlbi1iZWxsLWJhY2twYWNrZXItaG9zdGVsLXRoYW5oLXBoby1uaW5oLWJpbmhIM1gDaGiIAQGYARK4AQbIAQzYAQPoAQGIAgGoAgM;sid=a101ecb57eb6b0dbcf0904aff64b14c5;dist=0&keep_landing=1&sb_price_type=total&type=total&

  1. Sewa kendaraan untuk berkeliling

Kalau tak mempunyai kendaraan pribadi dan ingi mengunjungi obye} liburan yang tak dapat dijangkau oleh trans jogja, karenanya sewalah kendaraan untuk berkeliling. Umumnya pihak penginapan juga menyewakan kendaraan roda dua dan roda empat untuk tamunya.

https://statik.tempo.co/data/2014/06/03/id_294798/294798_620.jpg

  1. Menawar harga

Ketika berbelanja di Jogja, selama dapat menawar harga, karenanya tawarlah harga hal yang demikian penting. Itu akan menguntungkanmu secara finansial. Apalagi untuk wilayah belanja yang tak memasang label harga pada barang dagangannya. Tentu penyewaan akan melayani tawar menawar anda.

http://vnmedia.vn/thi-truong/201602/nguoi-viet-tiet-kiem-nhat-the-gioi-nhung-san-sang-choi-sang-522528/

  1. Bawa pakaian ganti tambahan

Senantiasa bawa pakaian ganti tambahan untuk berjaga-jaga ketika berlibur basah-basahan di Jogja sebab kita tak akan pernah tau apa yang akan terjadi nanti. Dapat saja hujan turun walau sedang musim kemarau dan jika hendak ke air terun, pantai, snorkling. Atau dapat saja agenda blususkan yang sebelumnya cuma untuk citytour bermigrasi haluan menuju pantai.

http://www.benbernavita.com/2017/03/berapa-baju-yang-harus-dibawa-saat-traveling.html

  1. Apresiasi pekerja seni

Kalau berkunjung ke Malioboro ketika malam hari, akan ada banyak pekerja seni jalanan dari kelompok sosial (komunitas / paguyuban). Bukan cuma pengamen saja, ada sebagian pekerja seni lain yang mempertunjukkan kecakapan mereka. Karenanya, tak ada salahnya kalau pelancong mengapresiasi karya mereka berupa rupiah atau jadi partner sesama seniman.

OFFICE

Info & Reservasi
Call / WA : 081327269718 / 081904043741

Email :
adventuregunungkidul@gmail.com

Office:
Gedung ABY Tour

Jl. Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

(kompleks Masjid Baitusalam) depan Kampus Widya Wiwaha

VISITOR