Berkunjung ke Candi Prambanan tak lengkap rasanya jika tak berwisata ke Candi Borobudur. Berbeda dengan Candi Prambanan, Candi Borobudur ini merupakan candi Budha. Candi Borobudur Jogja yang berupa stupa ini dibangun pada tahun 800-an Masehi oleh para penganut agama Budha Mahayana di masa pemerintahan wangsa Syailendra. Perlu untuk diketahui, Borobudur merupakan candi atau kuil Budha terbesar di dunia, yang juga menjadi salah satu monumen Budha terbesar di dunia.

Sebagai candi terbesar di dunia, tak heran jika Candi Borobudur selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Selain melihat arsitektur candi yang megah, anda juga bisa melihat langsung keberagaman budaya musik asli Jawa. Terlebih lagi, akses jalan menuju Candi Borobudur terbilang mudah dilalui. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja info lengkap mengenai Candi Borobudur Jogja berikut ini.

Pesona Candi Borobudur Jogja

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata peninggalan sejarah yang mendunia. Candi ini dibuat dengan batu tanpa penggunaan semen. Meski tanpa semen, Candi Borobudur mampu berdiri tegak dan tidak pernah roboh. Borobudur adalah mahakarya seni rupa Buddha Indonesia yang menjadi wujud puncak pencapaian teknik arsitektur serta estetika seni rupa Budha di Jawa yang selaras.

Bangunan Candi Borobudur diilhami gagasan dharma dari India, yakni stupa dan mandala. Meski begitu, dipercaya juga bahwa bangunan Candi Borobudur adalah kelanjutan unsur lokal, yakni struktur megalitik punden berundak atau piramida bertingkat dari periode prasejarah Indonesia. Candi Borobudur dipercaya sebagai perpaduan antara pemujaan leluhur asli Indonesia serta perjuangan mencapai Nirwana dalam ajaran Budha.

Fasilitas Candi Borobudur

Sebagai salah satu wisata terbaik, Candi Borobudur telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Adapun fasilitas yang disediakan di Candi Borobudur diantaranya yaitu Museum Karmawibangga / Borobudur, Museum Kapal Samudraraksa, kereta mini, sepeda, Visitor Center & Audio Visual, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain fasilitas yang lengkap dan memadai, anda juga bisa melakukan berbagai aktifitas seru. Adapun aktifitas seru di Candi Borobudur yang bisa anda lakukan ialah naik ke punggung gajah dalam Safari Gajah, naik andong, dan masih banyak lagi lainnya. Disamping itu, anda juga bisa berfoto-foto ria karena Candi Borobudur menyuguhkan berbagai spot foto keren. Dijamin liburan anda ke Candi Borobudur akan terasa sangat menyenangkan dan selalu terkenang.

Lokasi Candi Borobudur

Candi Borobudur bisa anda temukan di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi Candi Borobudur ini berjarak sekitar 40 km di sebelah barat laut Jogja, 100 km di sebelah barat daya Semarang, dan 86 km di sebelah barat Surakarta. Letaknya yang dekat dengan Jogja membuat banyak wisatawan menganggap bahwa Candi Borobudur ada di Kota Jogja. Bisa dikatakan hal tersebut benar adanya. Pasalnya, Candi Borobudur berada diantara Jawa Tengah dan Jogja.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Candi Borobudur dibuka setiap hari mulai jam 06.00 sampai dengan jam 17.00 WIB. Untuk memasuki kawasan wisata Candi Borobudur, anda perlu membayar tarif tiket masuk. Adapun besarnya tarif tiket masuk Candi Borobudur ialah sebagai berikut.

  • Pelajar atau anak kecil Indonesia: Rp. 12.000
  • Orang dewasa Indonesia Rp. 40.000
  • Pelajar atau anak kecil luar negeri: USD 10$
  • Orang dewasa luar negeri: USD 20$

Dengan tarif tiket masuk yang murah, anda bisa berwisata ke Candi Borobudur sepuasnya. Akan terasa menyenangkan apabila anda mengajak keluarga, sahabat, maupun pasangan anda.

Warm Regards,
Muchamad Apriyanto
Delegation of Daerah Istimewa Yogyakarta Province
M: 081904043741 / 081327269718
OFFICE

Info & Reservasi
Call / WA : 081327269718 / 081904043741

Email :
adventuregunungkidul@gmail.com

Office:
Gedung ABY Tour

Jl. Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

(kompleks Masjid Baitusalam) depan Kampus Widya Wiwaha

VISITOR