20 Pantai Yg Wajib Di Kunjungi Ketika Datang Ke Jogjakarta

Menghabiskan waktu liburan dengan berwisata ke Jogja merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Hal ini dikarenakan Jogja menyimpan beragam destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan. Adapun salah satu destinasi wisata yang ada di Jogja ialah wisata pantai. Anda bisa menemukan banyak wisata pantai cantik dengan suasana berbeda-beda ketika liburan ke Jogja. Tiap wisata pantai di Jogja ini menawarkan keunikan dan daya tarik tersendiri yang tidak bisa anda jumpai di pantai luar Kota Jogja.

Selain pantai, Jogja sebenarnya juga dikelilingi beragam tempat wisata lainnya, seperti hutan dan wisata edukasi. Hanya saja, pantai-pantai di Jogja lebih ikonik. Wisata pantai Jogja pun selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Kunjungi wisatawan ini selalu memuncak ketika musim liburan dan akhir pekan tiba. Untuk anda yang tertarik ingin mengunjungi pantai Jogja, ada baiknya anda simak 20 pantai yang wajib dikunjungi ketika datang ke Jogjakarta berikut ini.

1. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove menyajikan keindahan pinggir pantai yang dikelilingi hamparan pohon bakau. Di kawasan Hutan Mangrove ini juga terdapat dermaga yang bisa anda jadikan spot foto keren. Tak hanya itu, anda juga akan menemukan jembatan api-api yang digunakan untuk melihat avicennia germinans (jenis mangrove). Untuk memasuki kawasan Hutan Mangrove ini, anda perlu membayar tiket masuk dengan tarif Rp. 3.000 saja. Anda bisa temukan Hutan Mangrove ini di Kabupaten Kulon Progo, Jogja, tepatnya di Pasir Mendit, Jangkaran, Temon.

2. Pantai Glagah Indah

Pantai Glagah Indah termasuk salah satu wisata pantai yang bibir pantai yang cukup panjang. Di bibir pantai ini terdapat beberapa bagian yang berupa beton-beton pemecah ombak. Adanya beton-beton pemecah ombak ini menjadi nilai daya tarik tersendiri bagi keindahan Pantai Glagah Indah. Selain itu, Pantai Glagah Indah juga dilengkapi dengan berbagai macam permainan air yang sangat seru. Anda bisa bermain air sembari menikmati sunset yang sangat memukau mata. Untuk anda yang ingin memasuki kawasan wisata Pantai Glagah Indah ini, anda hanya akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp. 4.000. Mengenai lokasinya, Pantai Glagah Indah ini terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara menawarkan panorama alam yang begitu indah dengan jejeran pohon cemara di sekelilingnya. Tak hanya itu, di kawasan Pantai Goa Cemara ini juga terdapat sebuah lorong panjang layaknya goa yang terbentuk dari ratusan pohon cemara. Hal lain yang menjadi daya tarik Pantai Goa Cemara ialah adanya Mercusuar setinggi 40 meter. Mercusuar ini diperbolehkan untuk dimasuki pengunjung. Anda bisa memasuki kawasan wisata Pantai Goa Cemara ini hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja. Pantai Goa Cemara itu sendiri beralamat di Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Pantai Cemara Sewu

Penamaan Pantai Cemara Sewu disebabkan oleh keberadaan ribuan pohon cemara di kawasan wisatanya. Pohon cemara ini berfungsi untuk menahan abrasi air laut. Sekilas, Pantai Cemara Sewu ini mirip dengan Pantai Goa Cemara. Hanya saja, Pantai Cemara Sewu memiliki gumuk pasir yang masih berkaitan dengan Gumuk Pasir Parangkusumo. Untuk bisa memasuki kawasan wisata Pantai Cemara Sewu, anda perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000. Dengan tarif tiket masuk yang murah tersebut, anda juga bisa menikmati beragam fasilitas yang ada, seperti gazebo dan jembatan selfie. Pantai Cemara Sewu ini berada di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Gumuk Pasir

Dalam bahasa Jawa, Gumuk berarti gundukan atau tumpukan. Dengan begitu, Gumuk Pasir ini bisa diartikan dengan gundukan atau tumpukan pasir. Gumuk Pasir Parangkusumo ini ada di muara Sungai Opak sampai dengan Pantai Parangtritis atau bisa dikatakan berada diantara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Anda bisa kunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000 saja. Sementara untuk anda yang ingin mencoba sandboarding, anda perlu membayar sebesar Rp. 200.000/orang (minimal 6 orang) dengan durasi selama 2 jam permainan. Anda nantinya akan dilengkapi dengan pelindung seperti pengaman siku dan lutut, serta helm. Gumuk Pasir Parangkusumo ini berlokasi di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran identik dengan pemandangan batu karang yang berpadu dengan bangunan candi yang eksotik. Untuk anda yang hobi fotografi tentunya tak akan melewatkan pantai ini. Pantai Ngobaran ini bukan termasuk pantai yang landai, di sini pantai akan langsung bertemu dengan tebing dan juga bebatuan karang. Semua keindahan Pantai Ngobaran bisa anda nikmati dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000 saja. Anda bisa temukan Pantai Ngobaran ini di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

7. Pantai Ngrenehan

Tak jauh dari Pantai Ngobaran, anda bisa menemukan Pantai Ngrenehan. Pantai Ngrenehan ini memang berdekatan dengan Pantai Ngobaran, yakni hanya berjarak 2 km saja. Pantai Ngrenehan juga dikenal sebagai pantai nelayan. Hal ini dikarenakan Pantai Ngrenehan digunakan sebagai tempat nelayan melaut dan menawarkan hasil lautnya. Dengan begitu, anda bisa melihat panorama alam Pantai Ngrenehan sekaligus membeli hasil laut tangkapan para nelayan. Untuk bisa melakukan berbagai hal menarik di Pantai Ngrenehan, anda hanya perlu membayar tiket masuk dengan tarif Rp. 3.000 saja. Pantai Ngrenehan ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Baron Technopark

Baron Technopark merupakan salah satu wisata edukasi yang ada di Jogja. Wisata edukasi Baron Technopark ini memiliki beragam spot edukasi yang bisa dilihat oleh pengunjung. Salah satu spot edukasi di Baron Technopark tersebut ialah Jam Matahari Raksasa. Sebagai spot terpopuler, banyak wisatawan yang mengunjungi Baron Technopark untuk berfoto di Jam Matahari Raksasa yang instagrammable tersebut. Selain Jam Matahari Raksasa, Baron Technopark juga dilengkapi fasilitas lain berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Reserve Osmosis (RO), Bio Fuel, Technocamp, Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), Amphitheatre, toilet, mushola, dan gedung multimedia. Anda bisa kunjungi Baron Technopark ini tanpa biaya alias gratis. Untuk lokasinya, Baron Technopark ini bisa anda jumpai di Desa Kanigoro, Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Pantai Sepanjang

Pantai ini identik dengan hamparan pasir putih yang luas dan berkolaborasi dengan indahnya gundukan karang yang menjulang lumayan tinggi. Disamping itu, anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang terlihat sempurna dengan adanya perahu nelayan penduduk lokal yang tertata sangat rapi. Dinamakan dengan Pantai Sepanjang dikarenakan memiliki garis pantai yang panjang membentang. Harga tiket masuk ke kawasan wisata Pantai Sepanjang ini juga sangat murah, yakni sebesar Rp. 4.000 saja. Pantai Sepanjang ini ada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Pantai Krakal dan Puncak Giri Sarangan

Kawasan wisata Pantai Krakal berdekatan dengan Pantai Sarangan yang menawarkan keindahan alam yang begitu memukau. Tak hanya itu, Pantai Krakal ini juga berdekatan dengan Puncak Giri Sarangan yang sangat cocok untuk anda yang ingin menyaksikan panorama sunset dan sunrise dari ketinggian. Untuk anda yang ingin berwisata ke Pantai Krakal, anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 4.000 saja. Anda bisa temukan Pantai Krakal dan Puncak Giri Sarangan ini di Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

11. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan ini mempunyai karakter khas pasir berwarna putih yang dikombinasikan dengan gazebo yang pastinya membuat anda betah berlama-lama di tempat ini. Tak hanya itu, Pantai Sadranan ini juga mampunyai garis pantai yang panjang. Anda pun diperbolehkan untuk snorkeling di Pantai Sadranan ini. Untuk tiket, anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 yang dibayarkan di pos retribusi utama. Kawasan wisata Pantai Sadranan ini berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

12. Pantai Somadeng

Kawasan Pantai Somadeng adalah salah satu wisata pantai yang masih terbilaang baru. Pantai Somadeng ini memang baru dibuka untuk tempat wisata. Pantai Somadeng ini menempati lokasi yang dulunya adalah kawasan hutan cemara udang dan juga pandan laut yang ditanami oleh perhutani bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Untuk bisa memasuki kawasan wisata Pantai Somadeng, anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja. Mengenai lokasinya, Pantai Somadeng ini terletak di Jl. Pantai Sel. Jawa No.2, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

13. Pantai Pok Tunggal

Kawasan wisata Pantai Pok Tunggal menawarkan keindahan alam yang membuat decak kagum. Selain itu, Pantai Pok Tunggal termasuk salah satu pantai terpopuler yang cukup terjaga kebersihanya. Penamaan Pok Tunggal itu sendiri konon dikarenakan adanya pohon duras yang hanya ada satu di pantai ini. Saat anda mengunjungi Pantai Pok Tunggal, anda bisa bebas berenang dalam jarak tertentu dari bibir pantai. Untuk harga tiket masuk Pantai Pok Tunggal ini hanya dihargai sekitar Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 10.000 per orang. Tarif tiket masuk Pantai Pok Tunggal ini tergantung waktu dan hari berkunjung. Pantai Pok Tunggal ini bisa anda jumpai di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

14. Pantai Siung

Wisata Pantai Siung merupakan obyek wisata alam di Gunungkidul yang ideal untuk kegiatan panjat tebing. Hal ini dikarenakan di Pantai Siung terdapat 250 jalur pemanjatan berstandar internasional. Maka tak heran jika banyak para pemanjat dari dalam maupun luar negeri yang sengaja berkunjung ke tempat ini untuk mencoba menaklukkan tebing yang berada di Pantai Siung. Untuk anda yang tertarik ingin mengunjungi Pantai Siung, anda hanya perlu menyiapkan Rp. 5.000 untuk tiket masuknya. Anda bisa datangi Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk kunjungi Pantai Siung.

15. Pantai Wedi Ombo

Bisa dibilang, Pantai Wedi Ombo adalah salah satu pantai dengan pemandangan sunset terindah yang ada di Gunungkidul. Maka dari itu, ada baiknya anda mengunjungi pantai ini di siang menuju sore hari. anda juga bisa berenang di genangan air karang sembari menikmati senja di pesisir pantainya. Pantai Wedi Ombo itu sendiri menjadi obyek wisata yang cukup terkenal di kalangan para peselancar di Jogja. Hal ini dikarenakan Pantai Wedi Ombo mempunyai ombak yang cukup besar dan menantang. Hanya dengan tarif tiket Rp. 10.000, anda sudah bisa memasuki kawasan wisata Pantai Wedi Ombo yang terletak di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

16. Pantai Kesirat

Untuk anda yang bosan dengan pantai berpasir, Pantai Kesirat ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Kesirat ini memang tak memiliki hamparan pasir putih. Pantai Kesirat ini menyuguhkan jajaran tebing yang sering dijadikan sebagai lokasi rock fishing. Tak hanya itu, anda juga bisa mengadakan camping di atas tebing ini. Untuk bisa melakukan beragam kegiatan seru di Pantai Kesirat, anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja. Pantai Kesirat ini berlokasi di Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

17. Pantai Jungwok

Saat berkunjung ke Pantai Wedi Ombo, tak lengkap rasanya jika tak menyambangi Pantai Jungwok. Nama Pantai Jungwok ini memang masih asing didengar. Hal ini dikarenakan Pantai Jungwok baru saja dibuka untuk umum dan letaknya yang agak tersembunyi. Wisata Pantai Jungwok ini mempunyai akses yang cukup sulit dilalui. Tak heran jika tidak banyak fasilitas umum yang bisa anda temukan. Tiket masuk ke kawasan Pantai Jungwok ini sudah termasuk tiket masuk ke wisata Pantai Wediombo, yaitu Rp. 5.000 per orang. Sama halnya lokasi Pantai Wedi Ombo, Pantai Jungwok ini bisa anda jumpai di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

18. Pantai Parangtritis

Berkunjung ke Kota Jogja memang tak lengkap rasanya jika tak menyambangi Pantai Parangtritis. Hal ini dikarenakan Pantai Parangtritis ini dianggap sebagai ikon Kota Jogja. Pantai Parangtritis atau yang oleh warga setempat disebut dengan Pantai Paris ini memiliki ombak yang cukup besar dan menantang. Selain itu Pantai Parangtritis juga memiliki mitos berupa kisah Nyi Roro Kidul yang dianggap sebagai Penguasa Laut Selatan. Pantai Parangtritis memang menyimpan sejuta keindahan dan berbalut misteri bagi orang yang mempercayainya. Untuk tiket masuknya, anda bisa memasuki kawasan Pantai Parangtritis dengan biaya Rp. 5.000 saja. Anda bisa temukan Pantai Parangtritis ini di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

19. Pantai Depok

Pantai Depok sangat terkenal dengan keindahan pantainya yang begitu memukau. Selain itu, Pantai Depok ini juga populer berkat wisata kulinernya. Wisata kuliner di Pantai Depok menyuguhkan beragam olahan menu seafood yang sangat menggoda lidah. Anda bisa mencicipi menu makanan di pantai ini sembari rekreasi bersama keluarga. Untuk tiketnya, anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 5000 saja. Sedangkan untuk lokasinya, Pantai Depok beralamat di Jl. Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok.

20. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti mempunyai akses jalan yang mudah dijangkau. Sama halnya pantai lainnya di Jogja, pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih. Keunikannya, Pantai Indrayanti ini mempunyai garis pantai yang panjang. Hanya dengan tarif tiket masuk sebesar Rp. 10.000, anda bisa kunjungi Pantai Indrayanti dan rangkaian pantai lain di sekitarnya, seperti Pantai Drini, Pantai Sundak, dan masih banyak lagi lainnya. Pantai Indrayanti itu sendiri ada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan