Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Jogja yang menyuguhkan beragam destinasi wisata dengan daya tarik dan keunikan tersendiri. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata religi, wisata belanja, hingga wisata kuliner bisa anda temui di Gunungkidul. Tak hanya itu, ada banyak tempat wisata Gunungkidul yang bisa anda kunjungi di malam hari. Tempat wisata Gunungkidul di malam hari tentu saja sangat cocok untuk anda yang sibuk bekerja ataupun memiliki kesibukan lain di siang harinya.

Untuk masalah tarif tiket masuk, semua tempat wisata Gunungkidul menawarkan tarif tiket masuk yang murah untuk seluruh lapisan masyarakat. Bahkan ada beberapa tempat wisata di Gunungkidul yang sama sekali tidak memungut biaya alias gratis. Tempat wisata Gunungkidul memang wajib anda kunjungi saat musim liburan, akhir pekan, ataupun hari-hari biasa. Untuk anda yang tertarik ingin berwisata di Gunungkidul, ada baiknya anda simak 10 destinasi wisata Gunungkidul yg wajib di kunjungi berikut ini.

Destinasi Wisata Gunungkidul

Berikut ini adalah 10 destinasi wisata Gunungkidul yg wajib di kunjungi selengkapnya untuk anda.

1. Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Jogja di malam hari. Wisata Bukit Bintang ini bisa anda jumpai di Jalan Jogja-Wonosari. Untuk bisa tiba di wisata ini, anda perlu menempuh perjalanan kurang lebih 15 km dari Kota Jogja. Saat anda sampai di lokasi Bukit Bintang, anda akan dimanjakan dengan gemerlap lampu kota Jogja yang begitu memukau. Supaya suasananya semakin seru, anda bisa menyeduh kopi dan jajanan di Bukit Bintang ini.

Di kawasan Bukit Bintang ini memang terdapat banyak warung dan kedai kopi sederhana. Walaupun rata-rata bangunannya masih semi permanen, akan tetapi pemandangan yang disajikannya sangatlah memukau. Bahkan dari tempat ini, anda juga bisa menyaksikan pesawat yang landing maupun take off di Bandara Adisucipto serta landskap Gunung Merapi Merbabu. Maka tak heran jika Bukit Bintang selalu dipadati pengunjung, khususnya para muda mudi. Tak hanya malam harinya saja, Bukit Bintang juga ramai dikunjungi di siang hari.

Untuk bisa sampai di Bukit Bintang, akses jalan yang perlu anda lalui sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyusuri jalan menuju Wonosari, Gunungkidul. Kawasan wisata Bukit Bintang ada di pinggir jalan sesudah naik dari kawasan Piyungan dan sebelum tiba di Kecamatan Patuk. Di pinggir jalan utamanya yang langsung berhadapan dengan tebing itu sudah dibangun kursi beton panjang yang dapat anda jadikan sebagai tempat duduk. Dari kursi beton tersebut, anda juga bisa melihat langsung suasana kota Jogja tanpa terhalang oleh apa pun.

2. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran diresmikan sebagai tempat wisata oleh Raja Jogja, yakni Sri Sulta HB X pada tanggal 19 Februari 2013. Tak hanya menjadi tempat wisata, Embung Nglanggeran ini juga berfungsi sebagai penampung atau penyimpan air untuk mengairi kebun-kebun di bawah Bukit Nglanggeran. Maka dari itu, tempat ini juga disebut dengan Kebun Buah Nglanggeran. Di Embung Nglanggeran ini telah tersedia fasilitas lengkap berupa lahan parkir yang luas, toilet, pendopo, gazebo, dan warung.

Kawasan wisata Embung Nglanggeran ini berdekatan dengan objek wisata lain, yakni Gunung Api Purba dengan pemandangan yang sangat cantik dan cocok untuk berburu sunset. Dengan begitu, anda bisa berwisata ke Embung Nglanggeran sekaligus ke Gunung Api Purba. Untuk anda yang ingin berwisata ke Embung Nglanggeran, anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 7.000. Mengenai lokasinya, Embung Nglanggeran ini berada di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, DIY. Wisata air terjun ini begitu populer dikalangan para wisatawan. Hal ini dikarenakan air terjun Sri Gethuk memiliki kemiripan dengan salah satu tempat wisata di Negara Amerika, yakni Grand Canyon Arizona. Aliran airnya tak mengenal musim, meski kemarau panjang pun air tetap mengalir lancar. Bebatuan yang ada di bawah air terjun tertata dengan sangat rapi menyerupai undakan. Saat anda mendekat dan mengenai tubuh anda dengan guyuran airnya, anda akan merasa sedang ada di negeri dongeng menikmati guyuran air terjun Sri Gethuk.

Untuk bisa menuju ke lokasi air terjun Sri Gethuk, anda akan melalui rute yang cukup mudah dijangkau. Dari Kota Yogyakarta, anda bisa melaju ke arah jalan Wonosari, anda jalan ke atas menuju Pathuk Gunungkidul. Tiba di Pathuk, anda lurus saja hingga menemukan pertigaan Gading. Kemudian anda mengambil arah ke kanan dengan tujuan Playen. Dari Playen, anda ambil arah ke kanan menuju Kecamatan Palihan. Saat tiba di Palihan, anda akan menemukan pertigaan, anda ambil arah ke kanan. Nantinya anda akan menemukan papan petunjuk jalan untuk ke lokasi wisata air terjun Sri Gethuk. Anda ikuti petunjuk jalan yang ada, yakni sekitar 7 km, baru setelah itu anda tiba di tempat wisata air terjun Sri Gethuk.

Untuk bisa memasuki kawasan wisata air terjun Sri Gethuk, anda hanya akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp. 7.000. Dengan harga murah tersebut, anda sudah bisa merasakan kesegaran aliran airnya. Selain itu, anda juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang air terjun yang cantik. Disamping itu, anda juga bisa menyewa kapal dengan harga Rp. 10.000 untuk menyusuri kawasan wisata ini. Anda akan merasakan pengalaman berwisata yang tidak bisa anda temui di tempat wisata lainnya.

4. Mangol Kencana

foto by dolanbudget.blogspot

Mangol Kencana adalah salah satu tempat wisata yang sangat cocok untuk anda para pecinta sunrise. Saat anda mengunjungi Mangol Kencana, anda bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Adapun fasilitas Mangol Kencana diantaranya yaitu gardu pandang, gazebo, penjual makanan, MCK, dan masih banyak lagi lainnya. Akses jalan menuju Mangol Kencana pun terbilang mudah dijangkau. Akses menuju tempat wisata Mangol Kencana ini sejalan dengan lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran dan Embung Nglanggeran. Lokasi Mangol Kencana hanya berjarak kurang lebih 2 km dari perempatan Patuk, petunjuk ke arah gardu pandang Mangol Kencana sudah bisa anda lihat di pinggir jalan. Anda bisa temukan wisata Bukit Mangol Kencana ini di Dusun Sumbertetes, Kelurahan Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Di tempat wisata ini, anda bisa menyaksikan panorama sunset yang sangat indah dan juga dramatis. Senja yang terlihat dari bukit ini begitu indah. Anda harus abadikan momen ini dengan ponsel karena akan terlihat sangat sempurna dan menakjubkan. Apabila beruntung ke sini ketika cuaca cerah, Gunung Merapi yang ada di Kaliurang akan terlihat dengan jelas dari bukit ini. Pemandangan cantik ditambah dengan semilir angin yang sepoi-sepoi membuat nyaman siapapun yang datang. Dijamin anda akan betah berlama-lama di tempat ini. Anda pun akan merasa ketagihan ingin berwisata ke tempat wisata Mangol Kencana ini.

5. The Manglung Resto

Saat anda berkunjung ke Bukit Bintang, tak lengkap rasanya jika tak menyambangi The Manglung Resto. The Manglung Resto ini adalah resto yang menyuguhkan pemandangan alam keren dengan hawa udara yang sejuk. Terlebih lagi, lokasi The Manglung Resto ini sangat strategis. Anda bisa kunjungi The Manglung Resto di malam hari untuk merasakan nuansa yang romantis. Mengenai menunya, The Manglung Resto menawarkan beragam jenis menu dengan harga terjangkau. Harga menu The Manglung Resto hanya berkisar Rp. 25 ribu sampai dengan Rp. 55 ribu. Apabila anda penasaran dengan The Manglung Resto, anda datangi saja Jl. Ngoro Ngoro Ombo No.16, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Lembah Mulo

Lembah Mulo menjadi pintu masuk atau gerbang utama ke beberapa tempat wisata yang ada di Gunungkidul. Kawasan Lembah Mulo ini direncanakan akan dijadikan sebagai geowisata dan geopark oleh pemerintah daerah setempat. Selain sebagai destinasi wisata, wilayah Lembah Mulo ini juga sering dimanfaatkan sebagai obyek pengamatan karst karena menawarkan keunikan dan kekhasan tersendiri. Lembah Mulo ini menyuguhkan pemandangan indah yang bisa anda nikmati ketika melakukan perjalanan ke pantai-pantai di Gunungkidul. Sekilas pemandangan di perbukitan Karst Mulo serupa dengan Grand Canyon di Amerika.

Letak Lembah Mulo ini pun sangat strategis, yakni ada di jalur utama menuju beberapa tempat wisata di wilayah Gunungkidul dan ada di zona tengah kawasan perbukitan karst. Lebih tepatnya, Lembah Mulo ini beralamat di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk bisa memasuki kawasan wisata Lembah Mulo, anda tidak akan dikenai tarif tiket masuk sepersen pun alias gratis. Selain itu, anda bisa kunjungi Lembah Mulo ini kapanpun karena buka 24 jam.

7. Puncak 4G

foto by instagram @eko_sigon

foto by instagram @eko_sigon

Puncak 4G merupakan singkatan dari Puncak Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul. Tempat wisata Puncak 4G ini ada di Padukuhan Manggung, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Untuk bisa menuju lokasi Puncak 4G, dibutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Kota Yogyakarta. Sementara jika anda datang dari Kecamatan Gedangsari, anda hanya akan menempuh jarak sekitar 5 km ke arah selatan.

4G ini adalah kawasan wisata Gunung yang terdiri dari Gunung Gentong, Goa/Song Pringgoloyo atau Gunung Omben Gagak, Gunung Tunggak, Gunung Tumpang, Watu Belah dan masih banyak lagi lainnya. Menurut warga setempat, 4G dulunya adalah tempat petilasan Prabu Brawijaya V. Selain kisah sejarahnya, 4G sangat mencuri perhatian wisatawana karena menawarkan spot foto keren. Adapun spot foto keren di 4G ini diantaranya yaitu sunrise, wisata kabut, sunset, dan camping ground. Tak hanya itu saja, ada juga spot foto menarik buatan Pokdarwis yang berupa tol buntung omben gagak serta gasebo gardu pandang.

Perihal fasilitas, Puncak 4G menyediakan fasilitas yang masih sangat minim. Fasilitas MCK belum ada dan bak sampah masih minim. Sedangkan untuk akses jalan dari lokasi parkir ke kawasan puncak sebagian terbilang licin ketika hujan karena masih berupa tanah. Meski begitu, Puncak 4G ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Untuk anda yang ingin berkunjung ke Puncak 4G ini, anda hanya akan dikenai tarif tiket masuk sukarela. Sementara untuk tarif parkirnya sebesar Rp. 2 ribu (sepeda motor) dan Rp. 5 ribu (mobil).

8. Bukit Pengilon

Bukit Pengilon adalah kawasan perbukitan yang luas dengan tumbuhan rumput hijau layaknya padang rumput. Penamaan Bukit Pengilon ini lantaran terdapat batu yang menyerupai pengilon (bahasa Jawa) atau cermin (bahasa Indonesia). Berbeda dengan pantai-pantai di Gunungkidul lainnya yang memiliki hamparan pasir putih, Bukit Pengilon ini berupa hamparan rumput dan laut luas di sisi sebelah selatannya. Saat anda mengunjungi Bukit Pengilon, anda akan dimanjakan dengan suasana sejuk di kaki Gunung Api Purba Batur yang berpadu dengan angin khas laut selatan.

Selain berwisata, anda juga bisa kunjungi Bukit Pengilon dengan tujuan camping. Meskipun medannya sangat sulit dilalui, Bukit Pengilon ini menyuguhkan pemandangan yang cantik sehingga mampu menghilangkan rasa lelah yang anda rasakan nantinya. Saat anda sampai di Bukit Pengilon, anda juga bisa melihat Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung di sisi baratnya, sementara di sisi timurnya terdapat Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung. Untuk fasilitasnya, Bukit Pengilon telah dilengkapi dengan fasilitas area arkir kendaraan, tempat istirahat, dan area camping. Anda bisa datangi Bukit Pengilon ini di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DIY, tepatnya di Dusun Ngelo, Desa Balong.

9. Gunung Gambar

foto by Faris Photography

Gunung Gambar merupakan sebuah bukit yang memiliki arti sebagai tempat untuk menggambarkan sesuatu. Tempat wisata Gunung Gambar ini mempunyai ketinggian sekitar 200 m dpl. Gunung Gambar ini berjarak sekitar 30 km dari Kota Wonosari atau 70 km dari Kota Jogja. Di Gunung Gambar ada 2 situs petilasan. Petilasan yang pertama ialah petilasan Ki Ageng Gading Mas dari Kerajaan Majapahit, sedangkan petilasan yang kedua ialah petilasan Pangeran Sambernyawa. Tak hanya itu, di Dusun Gununggambar juga terdapat Pura yang populer dengan nama Candi Bentar.

Saat anda mendaki berada di puncak Gunung Gambar, anda bisa melihat pemandangan alam yang memukau. Pada malam harinya, anda pun bisa menyaksikan gemerlap lampu di Kabupaten Klaten serta Kota Solo. Lebih dari itu, anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan area persawahan di sekitar Gunung Gambar yang mempesona. Perihal lokasinya, anda bisa mengakses lokasi Gunung Gambar dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat. Anda pun juga bisa memanfaatkan sarana angkutan umum. Gunung Gambar ini terletak di Dusun Gununggambar, Desa Jurangrejo Kecamatan Ngawen, Gunungkidul.

10. Sunset Pantai Sarangan

(foto by irwan) berbagifun.com

Pantai Sarangan adalah tempat wisata berupa pantai dengan pasir putih bersih yang indah serta mempesona. Tak hanya itu, pantai Sarangan ini juga menyajikan pemandangan tebing yang begitu indah. Di atas pantai Sarangan ini berdiri sebuah bukit yang dikenal dengan nama Bukit Jujugan. Anda bisa menuju Bukit Jujugan ini untuk menikmati suasana sunset yang begitu memanjakan mata. Anda bisa bersantai sembari melihat sunset ataupun mengabadikan momen sunset yang memang mempesona. Dijamin anda akan selalu terkenang dengan panorama sunset pantai Sarangan ini.

Selain untuk menikmati sunset, anda juga bisa kunjungi pantai Sarangan untuk menyalurkan hobi memancing. Hal ini dikarenakan di kawasan wisata pantai Sarangan kaya akan ikan-ikan predator yang bisa anda buru. Karang-karang yang ada di bawah Bukit Jujugan menjadi salah satu tempat yang banyak dihuni ikan-ikan besar karena ingin mencari makan dan bertelur. Jika anda memancing di tempat ini, anda jangan sampai lupa siapkan jangkar sebab ketinggiannya tak kurang dari 25 meter. Anda bisa temukan pantai Sarangan ini di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Warm Regards
Muchamad Apriyanto
081904043741 / 081327269718
adventuregunungkidul@gmail.com
OFFICE

Info & Reservasi
Call / WA : 081327269718 / 081904043741

Email :
adventuregunungkidul@gmail.com

Office:
Gedung ABY Tour

Jl. Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

(kompleks Masjid Baitusalam) depan Kampus Widya Wiwaha

VISITOR