Menelusuri Kampung Prawirotaman Joga Yang Penuh Turis

  1. Ramah untuk Para Pelancong dari berbagai negara

Sesungguhnya nama Prawirotaman telah cukup familiar hingga mancanegara. Salah satu yang membuatnya menarik ialah fasilitas yang ramah untuk para pelancong. Berharap mencari tempat menginap tidaklah susah dan harganya juga cukup murah juga tersedia banyak home stay ala backpaker. Asal Anda mahir mencari hotel atau penginapan lain yang pas dengan kantong. Warga setempat juga familiar ramah dan dengan ramah.

  1. Sejarah Prawirotaman

Nama Prawirotaman telah diketahui semenjak dulu. Berawal dari seorang ningrat keraton bernama Prawirotomo yang mendapatkan hadiah tanah, kemudian tanah hal yang demikian berubah jadi pemukiman dengan nama Prawirotaman sekitar abad ke-19. Daerah ini tak dapat dilepaskan juga dari perjalanan sejarah Yogyakarta. Pada masa perlawanan merebut dan mempertahankan kemerdekaan, Prawirotaman diciptakan sebagai salah satu daerah penting laskar pejuang.

Sesudah Indonesia merdeka bebas dari cengkeraman penjajah, Prawirotaman mulai tumbuh menjadi sentra industri batik sampai ketika ini diketahui sebagai kampung turis sebab banyaknya penyedia penginapan di daerah ini. Menjelang jalan-jalannya bagus terutama saat week end Prawirotaman serasa sensasi tamasya di pemukiman orang-orang Eropa sebab banyaknya turis yang memilih untuk bertamasya di Prawirotaman.

  1. Penduduk Setempat Terbisa dengan Bahasa Inggris

dan dikenal sebagai kampung bule . Yang membikin para bule demikian itu menyukai menginap di wilayah Prawirotaman Jogja merupakan sebab beberapa besar penduduk setempat telah terbiasa menerapkan bahasa Inggris. Penyedia penginapan yang dapat berbahasa asing tentu akan jadi kemudahan tersendiri, apalagi kalau yang dicari penginapan murah. Sebab banyak sekali penginapan murah, namun pemiliknya tak dapat bahasa Inggris. Bukan cuma itu, sebagian penginapan hadir dengan konstruksi bangunan yang unik dan memperlihatkan sisi tradisional Jawa yang semacam itu mengagumkan.

Harga yang ditawarkan malahan cukup murah antara Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu. Beberapa besar usaha-usaha penginapan hal yang demikian masih dibatasi oleh keluarga besar Prawirotomo terdiri dari keluarga Werdoyoprawiro, Suroprawiro, dan Mangunprawiro. Melainkan, seandainya Anda mencari yang lebih dari harga hal yang demikian dengan fasilitas yang lebih, Anda juga bisa menemukannya di zona Prawirotaman.

  1. Liburan Belanja yang Menarik

jaraknya sekitar 5 km dari sentra Kota Yogyakarta, Anda dapat ke Malioboro, menjelajah ke pasar, liburan kultur dengan keliling keraton, mengagumi nuansa belanda bersejarah di Benteng Vredeburg.  Sebuah spot yang strategis dan memungkinkan kau mengerjakan banyak hal. Tapi kalau berharap mengasyikan-seruan di sekitar Prawirotaman, Anda tak perlu jalan jauh-jauh. Ada deretan kios yang memasarkan oleh-oleh khas Yogyakarta. Sebab semenjak dahulu Prawirotaman Jogja tenar sebagai pusat pengrajin batik, karenanya Anda akan sering kali memperhatikan penjual kain batik dengan beragam motif.

  1. kuliner murah Prawirotaman Jogja

Untuk Anda yang berkeinginan berburu masakan lezat, Prawirotaman ialah daerah yang ideal. Tiap pagi di dekat pintu masuk Prawirotaman dua, ada pasar tradisional. Anda dapat ‘blusukan’ atau berjalan kaki lalu

berbelanja beragam kebutuhan di daerah itu. Nikmati berinteraksi dengan penduduk setempat yang familiar ramah dan murah senyum. Ada juga penjual masakan khas Yogyakarta dan aneka jajanan tradisional.

 

  1. masakan murah Prawirotaman Jogja

Untuk kamu yang mau berburu kuliner lezat, Prawirotaman tempat yang tepat. Setiap pagi di dekat pintu masuk Prawirotaman dua, ada pasar tradisional. Anda bisa ‘blusukan’ atau berjalan kaki bermacam-macam keperluan di tempat itu. Nikmati berinteraksi dengan penduduk setempat yang terkenal ramah dan murah senyum. Ada juga penjual kuliner khas Yogyakarta dan aneka jajanan tradisional.

  1. Festival Kultur Prawirotaman dan gallery seni Sayang Apabila Dilewatkan

Festival Prawirotaman pertama kali digelar pada tahun 2013 dengan menyuguhkan beragam aktivitas dan juga tradisi. Festival Tradisi Prawirotaman  menjadi salah satu kalender liburan tahunan di Jogja. Hal ini tidak lepas dari banyaknya ketertarikan penonton yang dilaksanakan oleh turis mancanegara maupun pelancong dalam negeri. Festival Prawirotaman ini didakan tiap bulan Agustus, sekalian memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Bulan Agustus adalah hari libur bagi turis eropa, sehingga diinginkan adanya energi tarik untuk berkunjung ke Jogja.

  1. Bersepeda dengan Jalanan yang Variatif

Para turis asing pastinya bahagia mencari sesuatu yang berbeda dan ‘unik’. Dan untuk destinasi kota unggulan Jogja ini, salah satu kegiatan menarik yang harus dengan bersepeda. Sebagian jalur unggulan di Jogja merupakan Alun-alun Kidul, seputaran Jalan Prangtritis – Prawirotaman – Tirtodipuran, bersepeda ke Prambanan dan untuk alternatif yang menantangnya yakni bersepeda ke Candi Borobudur atau Pantai Parangtritis.

 

Main Sepeda Di Prawirotaman Jogja

Nah, itulah sebagian hal menarik kenapa banyak sekali turis asing backpaker ke Prawirotaman Jogja. Apakah Anda mau} mencobanya? Jangan lupa agendakan di jadwal wisata Anda, ya!

Tinggalkan Balasan