Pesona Wisata Pantai sadranan Gunung Kidul 2018

Pesona objek wisata Gunung Kidul yang selalu menjadi sorotan ialah deretan-deretan pantainya dari ujung timur sampai barat, hampir tidak ada yang tidak menjadi objek wisata. Karena pantai Gunung Kidul memiliki daya tarik keindahan alam bawah lautnya yang fenomenal serta berbagai fasilitas penunjang yang ditawarkan. Itulah yang membuat pantai-pantai di Gunung Kidul selalu ramai dikunjungi wisatawan baik ketika weekend maupun libur panjang. Pantai Sadranan adalah salah satu pantai Gunung Kidul yang memiliki daya tarik dengan aktivitasnya yaitu snorkeling dan berkano.

Harga Tiket Masuk di Pantai Sadranan

Tidak seperti objek wisata lain yang menarik retribusi mahal untuk masuk kawasan objek wisata, untuk retribusi ke Pantai Sadranan ini tergolong cukup murah bagi wisatawan. Pihak pengelola telah menentukan retribusi tiket seharga Rp 10.000/orang. Selain itu jika anda membawa kendaraan bermotor maka akan ditarik tarif parkir Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil. Setelah itu anda akan bisa merasakan pesona keindahan Pantai Sadranan. Tersedia juga fasilitas yang dapat anda sewa yaitu Snorkeling, menyewa perahu kano, gazebo dan tenda dome jika anda ingin menginap.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sadranan

Pantai Sadranan yang menjadi salah satu unggulan pantai terbaik di Gunung Kidul ini berlokasi di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Apabila lalulintas normal, anda bisa menempuh waktu dua jam untuk sampai di pantai ini dengan kendaraan bermotor. Rute untuk sampai ke pantai ini sangat mudah, berikut gambarannya. Dari Kota Yogyakarta menuju arah Wonosari. Atau memilih rute alternatif Imogiri Panggang. Jika memilih arah Wonosari, maka ambil yang arah Pantai Baron, setelah itu bertemu pertigaan tinggal lurus saja menuju Pantai Krakal, Pantai Sadranan persis di sebelah timurnya.

Objek wisata di Pantai Sadranan

Berwisata memang paling seru bersama keluarga, menikmati bermacam-macam obyek wisata yang ditawarkan. Alangkah baiknya kita mencari info mengenai obyek wisata yang akan dikunjungi. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan di Pantai Sadranan :

  1. Wisata Biota laut denganSnorkeling
PESONA WISATA GUNUNG KIDUL 2018 PANTAI SADRANAN
PESONA WISATA GUNUNG KIDUL 2018 PANTAI SADRANAN

Di pantai gunung kidul ada beberapa pantai yang menawarkan fasilitas Snorkeling untuk menikmati keindahan biota alam bawah lautnya. Pantai Sadranan merupakan salah satu spot pantai terbaik yang menawarkan fasilitas snorkeling, karena terdapat beberapa spesies terumbu karang dan jenis biota laut di dalamnya. Tarif yang ditawarkan untuk menggunakan fasilitas snorkeling ialah Rp 50.000/ jamnya.

  1. Mendayung perahu kano
PESONA WISATA GUNUNG KIDUL 2018 PANTAI SADRANAN
PESONA WISATA GUNUNG KIDUL 2018 PANTAI SADRANAN

Aktivitas unggulan lainnya yang dapat diperoleh di Pantai Sadranan selain snorkeling ialah sensasi mendayung dengan perahu kano. Anda tidak perlu jauh-jauh sampai ke Pandawa untuk mendayung kano sembari menikmati hempasan ombak, sembari menikmati birunya air laut dan bukit-bukit karang. Aktivitas berkano dapat dilakukan dengan sewa perahu sebesar Rp 50.000/ jamnya

  1. Menikmati sunrise dan sunset ala pantai Sadranan
PESONA WISATA GUNUNG KIDUL 2018 PANTAI SADRANAN
PESONA WISATA GUNUNG KIDUL 2018 PANTAI SADRANAN

Belum afdal rasanya ke Pantai Sadranan kalau belum mengabadikan momen menikmati sunrise atau sunseat. Kedua momen ini adalah yang biasa diburu para pengunjung pantai. Maka, siapkan kamera terbaik anda sebelum berkunjung ke pantai untuk mengabadikan momen yang instagramable.

  1. Aktivitas berjemur di Pantai Sadranan
PESONA WISATA GUNUNG KIDUL 2018 PANTAI SADRANAN
PESONA WISATA GUNUNG KIDUL 2018 PANTAI SADRANAN

Tidak hanya di pantai Pandawa yang bisa digunakan untuk berjemur, karena matahari bersinar di setiap pantai di Indonesia terutama Pantai Sadranan di Gunung Kidul. Jika anda berkunjung di siang hari maka anda dapat melakukan aktivitas berjemur, merasakan lembutnya pasir pantai, dan mendengarkan gemuruh ombak yang berkejar-kejaran. Kondisi ini menjadi harmoni sendiri dan membuat perasaan tenang. Selain itu anda juga dapat menyewa jasa payung yang dideretkan di tepian pantai dengan tarif Rp 30.000/ payung.

  1. Camping Ground dan Api Unggun
PESONA WISATA GUNUNG KIDUL 2018 PANTAI SADRANAN
PESONA WISATA GUNUNG KIDUL 2018 PANTAI SADRANAN

Weekend menjadi alasan teman-teman, kerabat, atau keluarga untuk beraktifitas di luar ruangan. Salah satunya ialah berkemah, yang dapat dilakukan di Pantai Sadranan ini. Di Pantai Sadranan memiliki area yang luas untuk mendirikan tenda dan menikmati api unggun. Wisata malam di pantai layak untuk dicoba, anda akan tahu gimana ketika laut sedang pasang surutnya serta keelokan alam yang memanjakan mata.

Beraktivitas seharian di pantai memanglah sangat menyenangkan, namun jika anda menginginkan lebih anda dapat melakukannya dengan berkemah bersama kawan atau keluarga. Anda tidak perlu bingung untuk tendanya. Karena pihak pengelola menyewakan tenda dome dengan kapasitas 4 orang seharga Rp 50.000/ tenda.

Banyak hal yang dapat dilakukan di Pantai Sadranan, mulai dari sekedar berjemur, snorkeling, berkano, menikmati sunseat atau sunrise sampai berkemah. Beberapa agenda tersebut sangatlah cocok untuk agenda berlibur keluarga dalam rangka istirahat dari rutinitas sehari-hari.

 

Warm Regards,
Muchamad Apriyanto
Delegation of Daerah Istimewa Yogyakarta Province
M: 081904043741 / 081327269718

Tinggalkan Balasan