Wisata Cave Tubing Kalisuci Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Kawasan Gunungkidul Yogyakarta adalah kawasan wisata yang menarik banyak wisatawan dari berbagai daerah. Kebanyakan yang berkunjung ke sana akan menuju ke beberapa Pantai di Jogja Selatan seperti Pantai Baron dan lainnya. Namun Gunungkidul ternyata tidak hanya layak untuk panorama pantai selatan saja, lebih dari itu ada berbagai objek wisata bernuansa alam yang menarik untuk dikunjungi. Setelah kepopuleran Gunung Api Purba dan Wisata Embung Nglanggeran, masih ada objek wisata lain di Gunungkidul yang direkomedasikan. Kali ini akan membahas mengenai Cave Tubing Kalisuci yang akan menjadikan liburan Anda sangat seru.

Keindahan Kalisuci

Kalisuci merupakan salah satu sungai yang unik di Yogyakarta. Keunikan dari sungai ini adalah tergolong jenis sungai bawah tanah. Tentunya keberadaan sungai ini menjadi seperti goa yang menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut. Hal ini dikarenakan kawasan ini adalah salah satu kawasan dengan pegunungan kars sehingga menyimpan beberapa keunikan alam yang menarik dan juga mungkin jarang ditemui di tempat lainnya. Wisata Cave Tubing di Kalisuci ini sendiri berada di kawasan Kars Gunungsewu di Gunungkidul.

Pada tahun 1993 yang lalu, kawasan ini sudah diusulkan menjadi salah satu warisan alam dunia oleh International Union Speleology (IUS). Dan pada tahun 2004 lalu, usul tersebut ditanggapi oleh presiden Indonesia, sehingga kawasan ini resmi dijadikan kawasan Ekokarts yang menawan. Karenanya, mulai banyak pihak yang mengerti keberadaan sungai unik ini dan kini dibuka sebagai objek wisata.

Seperti namanya, kegiatan wisata yang utama dari kawasan wisata ini adalah cave tubing. Namun sebenarnya selain itu ada beberapa kegiatan seru lain yang bisa dilakukan di sana, seperti misalnya trekking, berenang, dan bermain air. Anda yang suka bermain air atau suka eksplorasi goa, bisa berkunjung ke wisata alam ini, karena kawasan ini sangat seru dan menarik untuk dikunjungi. Bahkan fenomena alam sungai di bawah tanah ini sendiri terbilang langka. Setidaknya hanya ada tiga tempat di seluruh dunia yang serupa dengan kawasan ini, yaitu di Yogyakarta, Selandia Baru, dan Mexico.

 

Cave Tubing

Salah satu Tips Liburan Sehari di Jogja adalah mengunjung objek wisata yang seru. Di atas sudah disinggung mengenai kegiatan utama dari objek wisata Cave Tubing Kalisuci ini, yaitu cave tubing. Sebenarnya apa cave tubing itu? Cave tubing itu sendiri merupakan kegiatan yang memadukan antara susur goa (caving) dan arum jeram (rafting).

Cave tubing bisa dilakukan di Kalisuci dengan panduan dari guide atau pemandu lokal. Mekanismenya adalah guide atau pemadu akan memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai Kalisuci itu sendiri, serta beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari peralatan tubing hingga tata cara naik ke atas ban, serta hal-hal penting lainnya.

Setelah briefing itu dilaksanakan, peralatan tubing pun akan dipasang kepada para peserta atau pengunjung. Wisatawan dan pemandu akan dibawa masuk ke lokasi awal tubing yang tidak jauh dari basecamp. Sebelumnya, wisatawan akan trekking terlebih dahulu menyusuri kebun jati. Saat trekking pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam yang ada. Dan setelah sampai di titik awal tubing, Anda bisa menikmati sensasi dan keseruan dari cave tubing ini sendiri.

Kalisuci sendiri adalah sungai bawah tanah yang bentuknya berkelok-kelok. Airnya terbilang cukup jernih dan juga menyegarkan. Cave tubing ini sendiri biasanya menghabiskan waktu 1,5 jam sekali perjalanan. Arus sungai terbilang aman. Selain itu keberadaan guide akan bisa lebih memberikan kesan aman kepada wisatawan, hingga kembali ke basecamp.

Biaya Cave Tubing

Para wisatawan yang ingin mencoba sensasi Cave Tubing Kalisuci ini sendiri tentunya perlu membayar sejumlah uang, mengingat perlengkapan dan guide sudah sangat profesional. Harganya memang tidak relatif murah. Akan tetapi, cukup terjangkau dengan fasilitas yang terbilang lengkap. Berikut beberapa biaya yang perlu dibayar wisatawan:

  • Retribusi Rp 5.000
  • Paket wisata cave tubing Rp 70.000 per orang

Itulah harga yang diperlukan untuk menikmati keseruan di Tempat Wisata di Gunung Kidul yang satu ini.

Lokasi Kalisuci

Untuk Anda yang ingin berwisata ke sana, lokasinya ada di Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan menuju ke sana bisa ditempuh dalam 1,5 sampai 2 jam dari pusat kota Jogja. Sangat disarankan untuk Anda menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa karena memang belum ada transportasi umum yang bisa mengantar ke sana.

Warm Regards,
Muchamad Apriyanto
Delegation of Daerah Istimewa Yogyakarta Province
M: 081904043741 / 081327269718

Tinggalkan Balasan