Wisata Edukasi Jogja Exotarium

Jogja Exotarium

Satu lagi tujuan liburan yang dapat kita sambangi di Sleman. Jogja Exotarium hadir menjadi pilihan tujuan liburan untuk warga. Tak cuma piknik, tempat ini juga menyediakan liburan edukatif, outbond, field trip, terapi ikan, dan masih banyak layanan lainnya.

Berdiri di atas lahan seluas 10 hektar, lokasi yang baru berdiri selama empat bulan ini bisa menampung segala wahana yang disediakan tetapi juga memberikan banyak ruang untuk penanaman pohon dan menampung pengunjung.

“Kami mencari solusi wahana di tengah-tengah kota Jogja, yang memang kota pariwisata. Kami membidik liburan yang edukatif,” terang Iwan Amir, Manajer Operasional Jogja Exotarium.

Jogja Exotarium
Jogja Exotarium

Lokasi ini tak cuma mendapatkan peserta outbond atau fieldtrip yang notabene dalam wujud grup, tapi juga mendapatkan pengunjung biasa tiap hari. Kecuali wahana outbond untuk si kecil, daerah ini juga memiliki fasilitas liburan edukatif (perikanan, peternakan, kebun organik), river tubbing, berkuda, terapi ikan, kolam renang outdoor, mini zoo, pemancingan, tangkap ikan, dan cafe.

Ke depannya wahana outbond juga akan diadakan untuk dewasa. Dalam waktu dekat wahana flying fox  akan terpasang. Daerah ini juga baru membuka jalan masuk baru menuju lokasi (dari Akses Magelang, dan Akses Kabupaten) supaya pengunjung bisa lebih gampang menempuh lokasi.

Daerah yang masih bebenah ini memiliki banyak instalansi dan upgrade fasilitas yang akan diadakan, bagus dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Salah satu fasilitas yang akan ada di masa depan ialah camping ground dan gelanggang jemparingan.

Jogja Exotarium
Jogja Exotarium

Lahan yang dipakai beberapa besar sertifikasinya telah hak milik. “Kami juga berkeinginan melibatkan warga, supaya dapat memberdayakan masyarakat,” Iwan menerangkan mengenai komponen tanah yang statusnya masih disewa dari masyarakat sekitar. Konsumsi peserta outbond dan fieldtrip juga diserahkan terhadap Ibu-ibu PKK sekitar.

Jogja Exotarium
Jogja Exotarium

Jogja Exotarium setiap hari mengatur kunjungan outbond dan fieldtrip optimal 300 orang per hari. Hal ini dilaksanakan untuk konsisten mengedepankan pelayanan. Tiap dua pemandu diatur membawa 20 orang peserta. Dengan seluruh 36 pemandu, setiap grup memperoleh penjelasan rinci mengenai perikanan, perkebunan organik, dan pemeliharaan dan perkenalan satwa.

Jogja Exotarium
Jogja Exotarium

Satwa yang dipakai untuk edukasi terhadap si kecil telah dijinakkan terlebih dulu. Jadi aman untuk berinteraksi dengan satwa di mini zoo Exotarium. Untuk river tubbing, ketika ini diadakan cuma pada musim hujan ketika debit air sungai cukup tinggi.

Jogja Exotarium terletak di Jl.Magelang Km. 8 Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Masuk jalan masuk dapat melalui Akses Magelang, jalan Wulung, dan Akses kabupaten. Jam operasional dari pukul 08.00-17.00 WIB, tapi selama bulan Ramadhan tempat ini tutup lebih awal pada pukul 16.00 WIB.

Biaya fieldtrip untuk PAUD dan TK Rp 30.000, untuk SD dan SMP Rp 40.000, untuk SMA-Mahasiswa-Dewasa Rp 50.000 per orang.  Biaya outbond untuk PAUD dan TK Rp 45.000, untuk SD dan SMP Rp 55.000, walaupun untuk SMA-Mahasiswa-Dewasa Rp 65.000 per orang. Wahana lain dipatok Rp 10.000 untuk menunggang kuda, Rp 5.000 untuk fish therapy, Rp 5.000 untuk berenang dan menangkap ikan (ikan dibawa pulang).

Jogja Exotarium dan  Tongkrong jam operasionalnya mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Harga makanannya bahkan relatif murah, mulai dari Rp 1.000 sampai Rp 25.000. Pengunjung bisa menghubungi 081901682999, 087738394686, atau 082243400223 untuk reservasi. Atau bisa cek di http://jogjaexotarium.com/ untuk informasi lebih komplit.

 

Tinggalkan Balasan