Lokasi untuk menikmati Sunrise dan Sunset paling epic di Jogja

Sunrise maupun Sunset senantiasa mempunyai epic spot tersendiri bagi tiap orang, apalagi bagi kalian yang lagi butuh piknik. Pejamkan mata seketika dan bayangkan duduk di alam bebas merasakan semilir angin senja tentunya menenangkan batin. Bagi pemburu gambar (fotografi), sunrise maupun sunset merupakan peristiwa yang senantiasa di tunggu-tunggu. Membidikkan kamera dan menciptakan foto yang epic story tentunya jadi kepuasan tersendiri. Nah,,,,,, kali ini mas kami bakal ngasih tahu lho,,,,,,,, 13 destinasi di Jogja yang mempunyai panorama sunrise maupun sunset paling epic memories!

1. Ratu boko

Pejamkan mata seketika dan bayangkan duduk di alam bebas merasakan semilir angin senja tentunya menenangkan batin. Bagi pemburu gambar (fotografi), sunset juga adalah peristiwa yang senantiasa di tunggu-tunggu.

Membidikkan kamera dan menciptakan foto yang epic story tentunya jadi kepuasan tersendiri. Nah, kali ini kami ajak kalian menuju ke kawasan wisata Candi Ratu Boko dengan lanscape peandangan sunsetnya yang manawan hati. Keindahan sunset di sini akan menambah epic hasil foto anda dengan berlatar belakang gerbang pintu masuk Candi Ratu Boko.

2. bukit paralayang parangtritis

Bukit yang berada di atas Pantai Parangtritis ini sesungguhnya ialah landasan  olahraga paralayang. Tetap ketika tak ada event daerah ini banyak didatangi oleh fotografer  yang mau mengabadikan sang surya yang terbenam di atas Pantai Parangtritis. luasnya lauatan antara sunset dengan deburan ombak laut selatan memunculkan kesan magis yang nggak dapat diucapkan dengan kata-kata.

3. puncak becici

Berlokasi di kecamatan Dlingo, Bantul, Puncak Becici ini menjadi salah satu tempat liburan hits dikalangan fotografer . Di Puncak Becici, Anda dapat terpukau mengamati sang surya terbenam dari atas rumah pohon. Puncak Becici menjadi salah satu view epic untuk memandang sunset di Jogja  posisinya yang menghadap ke barat. Butuh sedikit tenaga memang untuk memanjat rumah pohon kecil dengan pengamanan ala kadarnya.

4. Candi ijo

Candi ijo yaitu candi tertinggi di Jogja ini memang tak salah untuk dibuat diatas bukit salah satu titik sunset terbaik di Jogja. Matahari tenggelam dari langit tepat melinasi tengah-tengah candi. Kemudian perlahan tenggelam dibalik perbukitan Menoreh, ialah panorama yang sayang untuk dilewatkan. Candi Ijo ini berlokasi di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

5. Embung langgeran

Embung atau danau buatan ini berlokasi di perbukitan Nglanggeran, Gunung Kidul. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, benar-benar sesuai menjadi tempat yang direkomendasikan untuk berburu sunset. Panorama sang surya yang mulai turun dari singgasananya serta pantulan sinar yang berkilau di atas permukaan air danau bakal menghasilkan suasana epic romantis tersendiri.

6. Watu lumbung

Daerah ini memang menjadi salah satu lokasi yang akhir-akhir ini sedang hits banget di kalangan remaja anak muda. Daerah ini menawarkan sensasi cafe di perbukitan Watu Lumbung dengan suasana sunset. Berlokasi di Kabupaten Bantul, tiap menjelang sore banyak para muda mudi datang untuk menikmati suasana dan pemandangan sunset dari atas bukit dan menjadi tempat nongkrong yang asik dengan fasilitas cafe-restonya, di sini kerap dipenuhi oleh muda mudi dan wisatawan untuk ongkrong yang asyik serta merasakan kopi dan melihat sang surya terbenam.

7. Kebun buah mangunan

Meskipun tenar dengan sunrise-nya, sunset di kebun buah Mangunan tak dapat dipungkiri semacam itu saja. Melihat sang surya terbenam di gardu pandang dengan panorama Sungai Oyo yang membelah Pegunungan Seribu benar-benar menakjubkan. Dengan topografi jurang, lembah dan tebing yang bearda di depannya menambah takjub akan kebesaran tuhan sang pencipta. Ukiran geografis perbukitan Gunungkidul menjadikan tambahan spot foto untuk mengambil gambar.

8. Gumuk Pasir Parang Kusumo

Berkeinginan menikmati bagaimana indahnya sunset di Gurun Sahara? Coba saja anda datang ke destinasi Gumuk Pasir Parangkusumo. Hamparan pasir yang luas, dipadu dengan panorama cantik sunset bakal membuatmu tertarik untuk membikin foto siluet di tengah hamparan pasir.

9. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora yang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul ini menawarkan panorama yang berbeda. Dari atas bukit ini kau bisa merasakan panorama hijaunya perbukitan juga birunya laut. Dari sini kau dapat memandang bagaimana semesta menyuguhkan garis senja yang menembus cakrawala disore hari.

10. Pantai Kesirat

Masih dari Kabupaten Gunungkidul, Pantai Kesirat juga menyajikan sunset yang menakjubkan. Di pantai ini anda nggak disuguhi panorama pasir putih dan bersantai digazebo seperti pantai gunungkidul lainnya, sebab Pantai Kesirat ini ialah sebuah tebing yang berbatasan dengan laut. Tebing dengan rumput hijau  yang  menarik dengan adanya pohon miring yang memang menjadi lokasi unggulan membidik sunset.

11. Kalibiru

Kalibiru ialah hutan yang berlokasi di wilayah Perbukitan Menoreh, di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Di Kalibiru, Anda bisa merasakan menawannya panorama Bukit Menoreh dan pemandangan Waduk Sermo. Di sini terdapat sebuah gardu pandang di atas pohon. Aslinya, gardu pandang hal yang demikian adalah daerah start dan finish wahana outbond yang berada di Kalibiru. Namun, sekarang gardu pandang ini juga menjadi titik unggulan para pelancong untuk berfoto. Dari atas gardu pandang ini, Anda juga bisa merasakan menawannya panorama sunset di Jogja. Lanskap Bukit Menoreh dan telaga yang tersiram sinar lembayung pastinya akan membikin Anda betah berlama-lama duduk di atas gardu pandang harta tiket masuk di kalibiru sebesar 7 ribu perorang.

12. Pantai Pok Tunggal

Pantai-pantai di Gunungkidul memang familiar dengan keindahannya. Salah satunya ialah Pantai Pok Tunggal yang mempunyai pasir putih dan air laut biru bening. Tetapi Pantai Pok Tunggal mempunyai kelebihan yang menjadikannya salah satu titik epic untuk mengamati sunset di Jogja. kelebihan itu merupakan eksistensi sebuah pohon duras yang menjadi ikon Pantai Pok Tunggal. Pemandangan langit lembayung dengan siluet pohon duras yang satu-satunya berada dipantai nampak amat indah menawan di lensa kamera Anda! Di Pantai Pok Tunggal, Anda juga bisa memasang tenda dan berkemah  untuk merasakan menawannya senja diantar melodi ritmis ombak dan tiupana angin laut.

12. Gunung Api Langgeran

Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba berbentuk bongkahan batu raksasa. Lokasinya di Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Gunung Api Purba Nglanggeran yang pernah aktif puluhan juta tahun lalu sekarang  deretan gunung batu dengan wujud bongkahan batu dan nama yang unik. Untuk bisa merasakan panorama sunset, Anda perlu sedikit bersusah-payah mendaki bukit yang tingginya sekitar 900 mdpl ini selama sekitar 1 sampai 1,5 jam. Dari atas bukit, Anda bisa merasakan panorama jajaran gunung batu, hamparan awan putih, perkampungan penduduk, dan juga hijaunya persawahan. Di kala senja, panoramanya semakin bertambah epic dan menawan. Sesudah  sang surya terbenam, panorama eksotis itu akan berubah romantis berkat bintang-bintang dan lampu-lampu kota yang menyala bak ribuan kunang-kunang.

13. Candi Plaosan

Candi Plaosan mungkin tak familiar dibanding Candi Prambanan. Tapi, candi yang terletak sekitar 1 km arah utara Candi Prambanan ini adalah salah satu view epic untuk memandang sunset di Jogja. Candi yang dibangun oleh Rakai Pikatan ini mempunyai perpaduan arsitektur hindu dan budha. Salah satu ciri khas Candi Plaosan ialah candi utamanya yang berbentuk kembar. Di petang hari bilamana langit cemerlang, kita pasti menemukan fotografer yang hendak berburu sunset di Candi Plaosan. Pemandangan siluet candi dengan langit lembayung keemasan sangatlah menarik hati untuk diabadikan dalam rana.

Muchamad Apriyanto
Delegation of Daerah Istimewa Yogyakarta Province
M: 081904043741 / 081327269718
5F09612F
 
 

Tinggalkan Balasan