10 kuliner Sekitar Malioboro yang Bikin Kangen Jogja

Liburan masakan di Yogyakarta memang sungguh mengasyikkan. Kecuali berlibur masakan mencoba daerah makan hits di Jogja, kita juga menjajal masakan yang dipasarkan di sekitar Malioboro. Sebagai salah satu destinasi liburan ketika berada di Yogyakarta, Malioboro amat ramai dipenuhi oleh para pedagang, mulai dari pedagang pakaian, oleh-oleh, lukisan, hingga dengan makanan tradisional.

Kalau Anda berjalan-jalan di Malioboro, jangan lewatkan 10 daerah makan sekitar Malioboro yang paling recommended ini. Daerah makan yang akan Bacaterus ulasan berikut ini akan membikin Anda jadi lebih kangen dengan Jogja!.

1. gudeg yu djum

Membuka daftar daerah kuliner sekitar Malioboro yang terbaik, Bacaterus mau menyarankan Gudeg Yu Djum. Rasanya belum {komplit} jikalau ke Yogyakarta tanpa menyantap makanan khasnya, ialah gudeg.

Yang membikin gudeg ini lebih sedap dan berbeda dari gudeg-gudeg lainnya ialah metode pengolahannya yang masih memakai tungku dan kayu bakar. Apalagi gudeg kering ini dihidangkan dengan lauk yang komplit, seperti ayam, daging, telor, ampela ati, dan sambel krecek. Lokasi Gudeg Yu Djum berada di Jalan Dagen No. 2C, Malioboro.

2. soto ayam 61

Yang satu ini juga masakan legendaris yang berada di sekitar Malioboro, yaitu Soto Ayam 61. Depot soto ayam ini terbukti telah buka semenjak} tahun 1976, lho. Dan hingga dikala ini citarasanya bahkan tak berubah, konsisten nikmat seperti dahulu.

Seporsi soto ayamnya juga amat murah, ialah sekitar 12 ribuan saja. Anda bisa merasakan soto ayam yang lezat ini dengan tambahan lauk berupa sate-satean, telor kecap, dan otak goreng. Soto Ayam 61 ini senantiasa ramai dipadati pengunjung. tempat Soto Ayam 61 di Jalan Ahmad Yani No. 61, Gondomanan.

3. pecel senggol

Pagi-pagi enaknya sarapan pecel nih! Nah, apabila Anda berkeinginan mencari pecel nikmat di sekitar Malioboro, datang saja ke Pecel Senggol yang letaknya berada persis di depan pintu masuk Pasar Beringharjo. Kenapa dinamakan Pecel Senggol? Sebab tempatnya sempit sehingga orang-orang yang mengantre semestinya bersenggolan satu sama lain.

Sayuran pecel di sini amat komplit dan bumbu kacangnya bahkan benar-benar nikmat. Apalagi varian lauknya juga beraneka macam. Makan pecel di sini benar-benar puas dan mengeyangkan. Anda seharusnya mencoba pecel yang tenar di wilayah Malioboro ini ya!.

4. angkringan lek man

Angkringan merupakan salah satu makan sekitar Malioboro yang sepatutnya untuk dikunjungi. Rasanya tak afdol apabila kita ke Yogyakarta tanpa makan di angkringan. Di antara sebagian angkringan di Malioboro, satu yang paling familiar ialah Angkringan Lek Man.

Sedangkan tempatnya tak terlalu besar, tapi dagangan di Angkringan Lek Man ini komplit, mulai dari sego kucing (nasi kucing), sate-satean, gorengan, kopi, wedang jahe, dan susu. Yang membikin kita merasa puas ialah harganya yang amat murah meriah. Angkringan Lek Man ini letaknya cuma berjarak 700 meter dari Malioboro, tepatnya di Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu.

5. lumpia samijaya

Anda pasti sependapat seandainya|sekiranya saya mengatakan bahwa makanan di Jogja ini amatramah dengan isi dompet kita. Ya, makanan-makanan di kota pelajar ini murah meriah, sehingga kita dapat berlibur masakan ke daerah-daerah makan dalam jumlah banyak. Salah satu daerah masakan di wilayah Malioboro yang seharusnya dijajal yakni Lumpia Samijaya.

Di warung kudapan manis lain memasarkan lumpia seharga 10 ribuan, di sini Anda dapat membeli lumpia dengan harga di bawah 5 ribu. Walaupun harganya murah, namun lumpia di sini nikmat dan banyak pengunjung yang datang untuk membeli lumpia. Lokasi Lumpia Samijaya cukup gampang ditemukan sebab berada di depan konter hand phone Samijaya yang berbatasan lantas dengan Hotel Mutiara Malioboro.

6. gado-gado Bu Hadi

Lokasi Malioboro memang tak jauh dari Pasar Beringharjo. Anda dapat berjalan kaki selama 10 menit untuk mencari Pasar Beringharjo dari wilayah Malioboro. Di lantai 2 pasar yang betul-betul tenar di Yogyakarta ini ada sebuah kedai gado-gado legendaris, adalah Gado-Gado Bu Hadi.

Sepiring sayuran segar dan telor ayam rebus akan disiram dengan bumbu kacang yang manis dan gurih. Rasa gado-gado di sini memang sungguh-sungguh maknyus! Apalagi harganya malahan juga cukup relatif murah. Cobain Gado-Gado Bu Hadi yang terbukti telah buka semenjak tahun 1952 ini, yuk!

7. sate kere

Masih berada di sekitaran Pasar Beringharjo yang notabene tak jauh dari Malioboro, ada Sate Kere. Ini ialah sate unik dengan kelezatan bumbu kacang yang pastinya akan memanjakan lidah Anda. Sate kere terbuat dari lemak atau gajih sapi. Saat dibakar, wewangiannya amat sungguh-sungguh harum dan menggugah selera.

Sate ini dimasak dengan bumbu dendeng sehingga citarasanya amat unik. Anda bisa berkunjung ke sate kere ini pada petang hari sebab pedagangnya cuma membuka dagangan ketika petang hari. Yuk, datang ke wilayah Pasar Beringharjo untuk menemukan sate fenomenal ini.

8. Bakmi Jawa Mbah Hadi

Satu lagi daerah makan sekitar Malioboro yang sesungguhnya tak terlalu dekat. Melainkan, Anda dapat menjangkau kios Bakmi Jawa Mbah Hadi ini cuma dalam waktu 10 – 15 menit. tempat ini senantiasa ramai pengunjung sebab rasa sajian bakmi di sini benar-benar khas dan sedap.

Ada bakmi goreng, ada juga bakmi godhog (rebus). Pilih bakmi cocok dengan selera Anda. Pelayanan di Bakmi Jawa Mbah Hadi ini benar-benar singkat, sehingga Anda tak perlu kelaparan sebab menunggu terlalu lama. tempat Bakmi Jawa Mbah Hadi berada di Jalan C. Simanjuntak 1, Gondokusuman.

9. nasi goring beringharjo

Pecinta nasi goreng pasti akan berburu nasi goreng nikmat di mana  mereka berada. Nah, saat Anda sedang berada di Jogja dan berjalan-jalan di wilayah Malioboro, mampirlah ke Nasi Goreng Beringharjo yang berada di sekitar Pasar Beringharjo.

Kecuali nasi goreng, ada juga menu mie goreng yang harus Anda coba. Harga sepiring nasi goreng ini juga cukup relatif murah. Daerah ini juga cukup familiar di kalang masyarakat Jogja sebab telah buka semenjak tahun 60-an. Nasi Goreng Beringjharjo terletak di Jalan Mayor Suryotomo No. 7, Gondokusuman.

10. terang bulan

Dinamakan Jelas Bulan bukan berarti kios lesehan ini cuma memasarkan makanan jelas bulan alias martabak manis. Ini ialah sebuah lesehan yang lokasinya di depan kios bernama “Terang Bulan” Hasilnya, lesehan ini dikasih nama yang sama seperti kios hal yang demikian.

Makanan yang dipasarkan di sini antara lain ialah ayam goreng, bebek goreng, dan burung dara goreng. Lauk yang betul-betul lezat ini akan kian

enak sekiranya disantap dengan sambel pedas pedas nasi putih hangat. Lesehan ini berada di Jalan Malioboro, cari saja kios bernama “{Jelas} Bulan” yang telah tutup, karenanya di depan kios hal yang demikian digelar lesehan ini.

makan sekitar Malioboro ini memang dapat buat Anda kangen untuk kembali ke Jogja. Makan nikmat tak patut mahal kok. makan yang berada di dekat Malioboro ini mematok menu makanannya dengan harga relatif murah.

Warm Regards,
Muchamad Apriyanto
Delegation of Daerah Istimewa Yogyakarta Province
M: 081904043741 / 081327269718
adventuregunungkidul@gmail.com

Kami juga melayani  :

Tinggalkan Balasan