wisata edukasi berkuda di yogyakarta

Kali ini kita akan membahas mengenai adrenalin tempat wisata yang ada diJogja. wisata yang dapat memberikan pengalaman layaknya film action yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja. salahsatunya tempat berkuda di jogja yang bisa kita temukan. Namun, ada beberapa tempat berkuda yang unik di jogja yang akan memberkan kita sensasi tersendiri.

Jika kalian tertarik untuk berkunjung ke beberapa tempat berkuda di jogja, maka ada beberapa lokasi berkuda yang pastinya akan sangat menarik untuk di kunjungi. Beberapa tempat berkuda yang berada di Jogja antara lain,

 

1. Bale Kuda Stable

bale kuda stable berlokasi bisa dikatakan menjadi sebuah wahana dalam dunia pariwisata edukasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini karena tempat ini menawarkan suasana pengalaman baru yang pastinya akan sangat langka. Lokasi  ini sendiri bisa sebut wahana wisata yang masih baru ditahun 2019 Kuda Stable ini sendiri didirikan pada tahun 2017 lalu. Meskipun masih baru, tapi peminatnya di tahun 2019 ini meningkat sudah cukup banyak. Info ini dapat dilihat dari banyaknya pengunjung  baik dari masyarkat lokal maupun para wistawan yang ingin mendapatkan pengalaman baru dalam berkuda.

 

Meskipun area ini bukan menjadi sekolah berkuda yang kita peroleh. Namun, wisata ini tetap ber edukasi untuk mengajarkan beberapa tekhnik berkuda secara dasar dasarnya dan singkat kepada tamu wisatawan. Selain itu bale kuda stable memberikan beberapa paket wisata edukasi yang sangat menarik. Beberapa paket tentunya tidak lepas dengan wisata lintas alam di sekitar Stable. wisatawan yang berkunjung ke Stable ini akan dipandu berkeliling area tersebut untuk mengenal lebih dekat dengan menikmati keindahan alam di lokasi tersebut. Dan tentu sangat menawan untuk dicoba dan sangat sayang jika terlewatkan.

 

Bale Kuda Stable ini sendiri beralamat di Jalan. Cebongan No 15, Tirtoadi, Mlati. Karena tempat ini masih tergolong baru, jadi jumlah kuda yang tersedia di lokasi ini sendiri bisa dikatakan tidak cukup banyak. sehingga para pengunjung diharuskan untuk mengantri untuk dapat menikmati fasilitas wisata berkuda di lokasi ini.

 

2. Alun-Alun Utara

alun-alun utara adalah salah satu tempat wisata Jogja yang letaknya dekat dengan malioboro keberadaan lokasi alun-alun utara menjadi sesuatu yang sangat bermakna. Lokasi ini sendiri merupakan satu bagian dari destinasi wisata budaya di yogyakarta yang sangat terkenal yaitu Kraton Yogya. Bagi masyarakat yang sudah sering ke Jogja pasti akan berpendapat bahwa area alun-alun utara cukup panas dan berdebu apalagi pada siang hari saat matahari terik. Namun, disore hari sampai malam hari hari bisa dikatakan cukup menarik karena adanya wisata berkuda dengan kuda putih yang penuh perawatan.

 

Sebagai tempat berkuda di lingkungan Kraton yang lebih terfokus pada fungsi daya tarik tempat ini memang menarik. Kuda yang berada dilokasi in tak terlalu banyak. Meskipun begitu kuda-kuda yang berada disini memiliki ragam yang lumayan banyak. Kita bisa menemukan berbagai ukuran kuda disini. Mulai dari kuda mini yang bisa di tunggangi oleh anak-anak, hingga kuda dengan ukuranya besar yang memang di tujukan untuk mereka yang lebih dewasa.

Kita dapat menemukan wahana berkuda di daerah Alun-Alun utara ini sendiri sejak pagi hari hingga sore hari. Hal yang perlu dicatat adalah wahana berkuda ini sendiri tidak dapat kita temukan terhadap tiap tiap hari kamis.  Mungkin hari istirahtnya para kuda. Biaya yang harus dikeluarkan sendiri pun cukup murah. Para pengunjung cukup dengan kocek Rp 20,000 hingga Rp 30,000 saja untuk dapat merasakan suasana berkuda di Alun-Alun Utara.

3. Pikatan Stable

tempat berkuda yang satu ini berada di daerah Bantul. Lokasi ini sendiri mirip dengan salah satu lokasi di ibukota yaitu Pacuan Kuda Pulomas. Kesamaan teradapat layanan fasilitas yang berada di lokasi tersebut. Kedua tempat tersebut selain berfungsi tempat latihan para kuda dan  pelatihnya juga serta menjadi tempat ajang pacuan kuda. Namun, bedanya yaitu jika Pacuan Kuda Pulomas kini sepi peminat dan tak adanya pacuan kuda yang dilakukan di tempat tersebut.

Maka, di tempat ini sendiri masih tergolong sepi karena hanya diselenggarakan pacuan kuda yang diadakan tahunan. Acara tahunan pacuan kuda di Pikatan Stable ini sangat meriah tergolong event tahunan yang cukup besar. Selain itu wisatawan dapat belajar tentang tata cara berkuda jika berkunjung ke tempat ini. Para kuda disini sangat terawatt dan diperhatikan karena sangat mejaga performa untuk acara tahunan. Selain kuda pacu ada beberapa kuda yang mendapatkan latihan khusus.

Tempat ini sendiri bisa dikatakan merupakan salah satu tempat berkuda yang tergolong veteran di Jogja. Tempat ini sudah berdiri di daerah bantul cukup lama. Banyak kuda yang dirawat dan di ternakkan di lokasi ini. Tempat ini juga sangat terbuka bagi pengunjung menerima orang yang ingin belajar mengenai tekhnik menunggang kuda yang baik.

4. Rumah Berkuda Yogyakarta

Tempat berkuda yang satu ini selanjutnya berada di daerah Bantul. Wisata ini berada di Jalan Monumen Perjuangan TNI AU, Bantul. Tempat ini adalah sekolah berkuda di Yogyakarta yang cukup menarik pengunjung. Jumlah sekolah berkuda di yogyakarta mungkin tergolong sedikit. Namun, Rumah Berkuda Yogyakarta meruapakan wahana belajar di sekolah berkuda yang cukup baik bagi mereka yang ingin berlatih dan mengenal tentang olah raga berkuda.

Pemilik dari rumah berkuda adalah makasiswa dari salah satu perguruan tinggi kenamaan di Jogja. Tempat berkuda ini tidak terlalu besar, tapi tracknya cukup luas untuk memungkinkan kita tetap belajar berkuda. Selain itu kuda-kuda merupakan kuda-kuda favorit yang pastinya tetap gagah bagai kuda kesangan dan tak akan mengecewakan. Karena masih baru jumlah kuda yang di lokasi ini tak terlalu banyak, jika dibandingkan sekolah berkuda lain yang sudah besar dan terkenal. Rumah berkuda terus menambah jumlah koleksi kudanya secara bertahap sesuai jumlah lonjakan pengujungnya. karena jumlah peminat yang terus bertambah, dan  jumlah kuda yang ada masih kurang untuk dapat memfasilitasi secara maksimal.

Sekian rangkuman edukasi wisata berkuda di Yogyakarta. Menikmati wahana belajar berkuda tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri yang bisa dibawa pulang dan dibagikan dengan berceritan kepada kerabat maupun teman kerja

 

Tinggalkan Balasan