Wisata Susur Goa Jomblang Wonosari Jogjakarta Dengan Fasilitas Lengkap

Bila anda adalah seorang yang suka dengan petualangan, maka paket caving goa Jomblang Gunungkidul ini patut untuk anda coba explore. Goa Jomblang ini adalah sebuah goa vertikal yang memiliki hutan purba yang sangat rapat di dalamnya. Akan tetapi yang menjadi sebuah daya tarik utama yaitu menelusur goa atau caving. Anda juga bisa melihat dan mengabadikan cahaya yang turun dengan tegak lurus menembus kegelapan goa yang ini sering disebut dengan iatilah cahaya surga.

Paket wisata lengkap Jogja, salah satunya menyediakan paket caving untuk menyusuri goa Jomlang yang unik dan penuh keindahan ini. Untuk dapat mengexplore goa jomblang ini disamping diperlukan keberanian dan juga nyali yang extra. Maka juga harus disertai dengan penguasaan Single Rope Technique yang biasa disebut dengan tali tunggal.

Layanan Paket Caving Goa Jomblang Gunungkidul

Kegiatan caving Goa Jomblang ini juga wajib memakai peralatan khusus sesuai standar keamanan caving. Anda juga wajib didampingi ahli penelusur goa yang berpengalaman.

Peralatan serta perlengkapan yang wajib dipakai untuk menjelajah Goa Jomblang yaitu sepatu boot, coverall, headlamp, helm, dan SRT set yang terdiri atas chest harness, seat harness, ascender / croll, footloop, auto descender, jammer, cowstail panjang, carabiner, juga cowstail pendek.

Paket tour Jogja murah menyediakan fasilitas untuk anda yang sedang caving di Goa Jomblang Gunungkidul ini dengan lengkap dan akomodasi yang memadai. Diantaranya adalah:

  • caving equipment
  • trainner caving
  • mineral water
  • asuransi
  • lunch 1x

Keindahan Pesona Goa Jomblang

Di dalam goa Jomblang kita bisa menemukan perbukitan kapur, hutan yang memiliki vegetasi yang sangat hijau, stalagtit, stalagmit serta sungai bawah tanah yang telah berakhir di laut. Bagian yang unik dari gua Jomblang ini adalah bahwa Anda bisa melihat bagian bawah gua. Ada pemandangan hutan yang indah di bawahnya, ini dikenal karena hutan purba nya. Fenomena seperti ini sangat dimungkinkan sebab bagian bawah wisata adventure di Jogja ini sangat lebar untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup dari ratusan tahun yang lalu. Ini diperlukan teknik khusus untuk dapat masuk ke sana, yang menjadi Single Rope Technique sebagai jalur untuk bisa datang dan menuju ke bawah.

Di dalam Goa jomblang ini ada juga aliran sungai yang mengeluarkan suara gemericik yang terdengar cukup jelas setelah anda berada di dalam perut Goa. Aliran sungai yang berada di bawah tanah inilah yang nantinya akan mengalir hinga ke Kalisuci.

Sementara itu untuk sinar matahari yang menerobos dan masuk melalui mulut Goa bisa menerpa batu yang berada di dasar goa. Cahayanya kemudian dipantulkan pada setiap sudut ruangan yang berada di dasar goa. Peristiwa seperti ini menjadikan pemandangan di dalam Goa Jomblang sangat Eksotis, cahaya inilah yang sangat di nanti- nantikan oleh para pengujung.

Lokasi dan Rute Menuju Goa Jomblang

Lokasi dari Goa Jomblang ini tepatnya berada di dusun Jetis, Desa Pacarejo, Semanu-Gunungkidul, Saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat eksotis untuk dikunjungi. Perjalanan menuju ke Goa Jomblang ini memerlukan waktu kurang lebih 2 jam jika anda mulai berangkat dari Malioboro atau Pusat Kota Jogja. Anda bila melewati perjalanan melalui Jl. Wonosari, atau jalan yang sama yang dilalui saat akan menuju arah ke Goa Pindul atau ke wisata pantai jogja lainnya.

Goa Jomblang ini sangat menjadi Favorite bagi para wisatawan asing yang hendak merasakan sensasi yang eksotis dari cahaya matahari masuk lewat mulut goa dan vegetasi purba sejak dari ribuan tahun yang ternyata masih bisa tumbuh alami di dasar goa Jomblang.

Goa Jomblang ini memiliki tipe Collapse Doline yakni goa yang terbentuk disebabkan proses Geologi. Dengan runtuhnya permukaan tanah dan juga vegetasi ke dasar bumi yang sudah terjadi selama ribuan tahun lalu.

Harga tiket untuk masuk ke goa jomblang ini memang tergolong mahal, Rp. 450.000,-. Ini sudah termasuk dengan peralatan yang cukup standar untuk panjat tebing, makan siang, asuransi, dan juga jasa pemandu.

Waktu yang terbaik untuk anda mengunjungi Goa Jomblang ini adalah antara jam 10.30-12.30. Sehingga official Goa Jomblang juga sudah memilihkan waktu yang tepat bagi anda.

Caving Goa Jomblang ini telah dibuka mulai dari jam 10.00-14.00 dan hanya 1 kali trip yang dilakukan dalam sehari. Jumlah Pengunjung juga dibatasi untuk menjaga kelestarian ekosistem dan juga ke alamian yang ada di dalam goa Jomblang tersebut. hingga saat ini goa jomblang telah menjadi goa terindah dengan ke-Eksotisannya dari sebanyak 500 goa yang ada di pegunungan Karst.

Tips Berwisata Ke Goa Jomblang

  • Sebaiknya anda membawa pakaian ganti juga perlengkapan mandi
  • Bawa juga kaos kaki sebab anda akan memakai sepatu boot dengan waktu cukup lama. Apalagi bila kondisi jalanan becek ini sangat berpotensi membuat kaki anda lecet
  • pilihan waktu yang tepat untuk mengexplore goa jomblang saat musim kemarau. Jadi pancaran sinar matahari menembus goa bisa terlihatsempurna. Jadi usahakan pagi sekali anda sudah sampai di lokasi.

Bagi anda yang ingin menikmati sensasi menantang berwisata menyusuri Goa Jomblang Gunungkidul ini, maka jangan lewatkan keseruannya. Pilihlah paket caving goa Jomblang Gunungkidul akan membawa anda menikmati tantangan saat menyusur goa ini. Jangan lupa pula persiapkan fisik dan mental anda saat akan melakukan caving. Sehingga caving bisa berjalan lancar.Bersama dengan paket tour Jogja murah perjalanan wisata anda di Jogja akan sangat nyaman dan berkesan.

Warm Regards,

Muchamad Apriyanto

Delegation of Daerah Istimewa Yogyakarta Province

M: 081904043741 / 081327269718

adventuregunungkidul@gmail.com

Kami juga melayani  :

 

 

Tinggalkan Balasan